Ketahuan Juga!! Ketika Quraish Shihab Bahas Dan Bicara Soal Isunya Dirinya Syiah






Ketahuan Juga!! Ketika Quraish Shihab Bahas Dan Bicara Soal Isunya Dirinya Syiah - Wah,, ini yang sering orang Indonesia ingin mempertanyakan status Quraish Shihab itu yiah atau bukan, dan pada sangat Empat hari seusai pelaksanaan salat Idulfitri 1438 H, tepatnya pada Kamis (29/6/2017) malam atau malam Jumat, presenter kondang Najwa Shihab melakukan tanya jawab dengan ayahnya, M Quraish Shihab.Tanya jawab yang dikemas santai antara anak dengan ayah tersebut disiarkan secara langsung melalui Facebook pada fanpage Najwa Shihab.



Ini merupakan tanya jawab episode ke-2 bertajuk 'Shihab n Shihab'. Nana, sapaan Najwa, bertanya kepada abi-nya (ayahnya) sambil duduk di sofa di samping tangga. Saat itu, mereka sedang liburan keluarga di Pulau Bali. Pada kesempatan ini, penampilan Nana tampak berbeda dari biasanya karena dia mengenakan kerudung.

Tepat pada pukul 20:00 Wita, atau selepas awal waktu salat Isya, mantan pembaca berita pada stasiun televisi Metro TV tersebut memulai tanya jawab. Sebelum memulai, Nana menyampaikan dirinya telah menjaring sejumlah pertanyaan dari warganet melalui media sosial Twitter, Facebook, Instagram. Karena durasi tanya jawab hanya setengah jam, pertanyaan dipilih pun sangat terbatas. Bertindak sebagai cameramen adalah Ibrahim Sjarief Assegaf, suami Nana.

"Cameramen-nya Ibrahim, suami saya, suka lari-lari," kata Nana terkekeh.


Dari balik kamera, cucu Quraish pun menyaksikan siaran langsung tersebut. Mengawali tanya jawab, Nana menanyakan pertanyaan soal kenapa ke-4 putri Quraish dengan Fatmawati Assegaf (ibunda Nana), namanya dimulai huruf N?  Sebagai ayah yang memberi nama ke-5 putra dan putrinya, Menteri Agama Republik Indonesia ke-16 tersebut menjelaskan secara rinci alasannya. Satu demi satu pun pertanyaan dijawab tuntas sang ahli tafsir.

Seperti saya kutip dari situs TRIBUNNEWS Jika pertanyaan pertama terkait dengan nama putra dengan putrinya, pertanyaan terakhir terkait dengan sikap ketika menghadapi bullying, termasuk bullying melalui media sosial.Pertanyaan tersebut ditanyakan pemilik akun mode sling mode sling.

"Tanya dong Abi. Saat di-bully, dicaci maki, dihina, perasaan Abi gimana? Terus cara meredam perasaan hati seperti apa?"

Begitulah isi pertanyaan sebagaimana dibacakan Nana.

Apa jawaban Quraish?


"Iya, kalau di-bully, ya pasti sedih ya, tapi saya berusaha untuk mengikuti tuntunan agama."

"Yang pertama, Nabi saja di-bully. Yang kedua, bahwa tidak ada penganjur kebenaran yang tidak dicaci maki."

"Masih bersyukur tidak dilempari batu. Itu yang saya tanamkan di dalam hati saya sambil berdoa mudah-mudahan suatu ketika nanti mereka akan sadar bahwa mereka keliru."

Nah, melanjutkan jawaban di atas, Quraish langsung menjelaskan dirinya kerap dituding sebagai penganut Syiah. Tudingan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke-8 tersebut banyak berseliweran di dunia maya, dimana jejaknya tersimpan dalam bentuk teks, foto, dan video.

Cukup mengetik kata kunci "quraish shihab" pada situs mesin pencari Google, maka akan muncul tawaran kata kunci, satu di antaranya paling atas adalah "quraish shihab syiah". Pada situs berbagi video YouTube, banyak video ceramah yang isinya menuding alumnus Universitas al-Azhar pada Fakultas Ushuluddin, Jurusan Tafsir dan Hadits tersebut sebagai penganut Syiah.

Ada misalnya yang mengaitkan pula dengan putrinya, terutama Nana yang sehari-hari tak mengenakan jilbab. Lalu, betulkah demikian? Secara blak-blakan, sebagai lanjutan jawabannya, Quraish menjelaskan.

"Suatu ketika mereka akan sadar bahwa saya, salah satu tuduhan bahwa saya bukan Syiah. Saya tidak berkata saya bukan Syiah karena beranggapan bahwa Syiah itu keluar dari Islam."

"Syiah itu bermacam-macam, tetapi apa yang banyak sekarang terjadi di Iran, di Irak, di Yaman, dan sebagainya itu memang berbeda dengan Ahlu Sunna Waljama’a, tetapi tidak menjadikan mereka keluar dari Islam."

"Banyak orang yang menuduh Syiah itu, misalnya dengan berkata saya Syiah, padahal dia tidak tahu Syiah. Dia tidak tahu apa yang membedakan seorang Sunni dan seorang Syiah."

"Seorang yang mencintai kata-kaya Syekh Abdel-Halim Mahmoud, Grand Syekh Al Azhar, maha guru yang dinamai Al Ghazali abad 20. Beliau berkata, seorang yang lebih mencintai Ali bin Abi Thalib daripada Abu Bakar, itu belum tentu Syiah."

"Syiah itu adalah yang mengakui bahwa Nabi menunjuk Ali bin Abi Thalib sebagai Khalifah, bukan Abu Bakar. Itu Syiah dan saya tidak seperti itu."

"Saya selalu kalau menyebut nama Sayyidina Abu Bakar selalu saya dahulukan dengan kata Sayyidina, junjungan kami. Jadi ini orang tidak mengerti."

"Nah, orang yang picik dan tidak mengerti, oleh Alquran dinyatakan 'Iza khataba humul jahiluuna qaluu salama’. Apabila disapa oleh orang-orang yang picik, mereka berkata 'selamat tinggal, mari kita damai, silakan jalan sendiri, saya juga jalan di jalan saya’."

"Saya kira itu, ya. Jadi, sedih sih sedih, tapi tidak usah menjawab dengan kasar, tidak usah memaki. Berdoalah mudah-mudahan suatu ketika mereka akan mengetahui."

Nana kemudian mempertegas jawaban bagaimana menyikapi para pem-bully.

“Jadi justru didoakan," kata Nana.

Lanjut Quraish berkata, "Harus didoakan. 'Allahummahdi qaumi fainnahum la ya'lamun', itu doanya."

Nana bertanya, "Apa artinya?"

"Ya Allah, berilah petunjuk kaumku karena mereka tidak tahu," kata Quraish menjawab.

Inilah akhir tanya jawab tersebut.

Nana kemudian mengajak ponakannya, putranya yang ada di belakang kamera untuk tampil di depan kamera.Namun, mereka malu. nah bagaimana menurut kamu? dan artikel ini bisa kamu temui di:

quraish shihab syiah bukti,quraish shihab syiah fitnah,quraish shihab syiah kah,quraish shihab dan syiah,prof quraish shihab syiah,apakah quraish shihab seorang syi'ah,bukti quraish shihab syi'ah,biodata quraish shihab syiah,quraish shihab syiah,mui tegaskan quraish shihab syi'ah,quraish shihab orang syiah,pengakuan syiah quraish shihab

0 Response to "Ketahuan Juga!! Ketika Quraish Shihab Bahas Dan Bicara Soal Isunya Dirinya Syiah"

Posting Komentar