Bio Farma Turunkan Harga Tes PCR Menjadi Rp90 Ribu, Terungkap Alasannya

- Selasa, 9 November 2021 | 19:09 WIB
Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir dalam Rapat Dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Selasa, 9 November 2021 (dok PMJ News)
Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir dalam Rapat Dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Selasa, 9 November 2021 (dok PMJ News)

REALITA PUBLIK,- Direktur Utama Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengungkap selama ini pihaknya telah beberapa kali menurunkan harga alat tes PCR. Mulai dari harga Rp325 ribu hingga terkini hanya di Rp 90 ribu.

Hal itu diungkapkan Honesti Basyir saat menyajikan dokumen dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Gedung senayan Jakarta, Selasa (9/11/2021). Dalam RDP dirinya juga memaparkan struktur harga tes PCR reagen.

Dikatakan Honesti, Struktur harga juga bisa beragam tergantung dari laboratorium serta dari bisnis model yang dilakukan.

Baca Juga: Menteri Luhut dan Erick Thohir Dilaporkan ke KPK Terkait Terlibat Bisnis dan Pengaturan Harga PCR

"Struktur cost ini banyak dipertanyakan oleh masyarakat, banyak juga ditanyakan oleh anggota (DPR)," ujarnya.

Harga reagen tes PCR, kata Honesti, ditentukan oleh beberapa komponen diantaranya, biaya produksi dan bahan baku 55 persen, biaya operasional 16 persen, royalti 5 persen, margin atau keuntungan 10 persen.

"ini adalah struktur cost yang dilakukan. Kami ambil contoh dari lab diagnostik yang ada di Bio Farma sendiri," terangnya.

Baca Juga: Satgas BLBI Lakukan Penyitaan Aset Milik Tommy Soeharto di Karawang

"Tapi mungkin nanti dari Kimia Farma dan Indo farma yang mereka memiliki laboratorium yang lebih besar mungkin akan memberikan gambaran yang sedikit berbeda," tuturnya dalam rapat dngar pendapat.

Dalam keterangan dokumen yang disajikan pihak Bio Farma di dalam Rapat Dengar Pendapat di DPR disebutkan, pada Bulan Agustus 2020-Januari 2021 (5 bulan) dengan produksi Biocov (Singleplex) dengan kapasitas produksi yang masih sedikit.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Terkini

KPK Monitoring Investasi Telkomsel ke GOTO

Sabtu, 3 Desember 2022 | 03:09 WIB

Usai Dilantik, DPC Demokrat Ciamis Siap Tancap Gas

Senin, 21 November 2022 | 10:15 WIB
X