• Rabu, 26 Januari 2022

Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Bisa Terjadi, Ini Empat Faktor Penyebabnya

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:48 WIB
Ilustrasi  WHO mendesak negara-negara bersiap hadapi lonjakan COVID-19 varian Omicron. (pixabay/ahagiel)
Ilustrasi WHO mendesak negara-negara bersiap hadapi lonjakan COVID-19 varian Omicron. (pixabay/ahagiel)

REALITA PUBLIK,- Potensi lonjakan kasus Covid-19 yang kemungkinan terjadi dalam satu hingga 2 bulan ke depan bisa dipengaruhi oleh empat faktor penyebabnya.

Empat faktor tersebut diantaranya, kepatuhan protokol kesehatan, laju vaksinasi, tingkat mobilitas, dan kemunculan varian baru yang lebih menular.

Hal itu diungkapkan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B Harmadi. Seperti halnya, kepatuhan prokes. Dirinya menyebut pada bulan November tingkat kepatuhan prokes menurun, jauh dibandingkan bulan Juli lalu saat awal pemberlakuan PPKM.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19 IDI Seolah Komentari Aksi Mensos Marah Marah di Gorontalo

"Selama bulan November ini terjadi penurunan skor di angka 7,86 atau setara dengan kondisi bulan Agustus lalu," kata Harry.

Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama, khususnya bagi Satgas Covid-19 untuk melakukan upaya membangun strategi perubahan perilaku dan komunikasi risiko yang tepat, karena terjadi rasa kejenuhan di masyarakat.

Upaya membangun strategi perubahan perilaku, kata Harry, bertujuan untuk mendongkrak kembali kepatuhan protokol kesehatan 3M sekaligus mendukung Kementerian Kesehatan dalam upaya percepatan vaksinasi dan peningkatan kapasitas deteksi melalui testing maupun tracing.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melandai, Pemkot Bandung : Perluas Relaksasi , Pengendalian Tetap Ketat

Selain itu, kolaborasi dan peran antar satgas di tingkat nasional hingga kelurahan dapat menjadi peran penting dalam mencegah gelombang Covid-19 di waktu mendatang.

"Setiap jenjang Satgas memiliki peran penting menjalankan empat fungsi utama yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung/pendataan dalam penanggulangan Covid-19," kata Sonny.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Terkini

Tangkap Tangan Karena Korupsi

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:54 WIB

Catatan Akhir Tahun Ketua KPK Menyongsong 2022

Jumat, 31 Desember 2021 | 16:52 WIB

Orkestrasi pemberantasan korupsi

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:20 WIB
X