• Minggu, 2 Oktober 2022

Miliki Manfaat yang Besar bagi Manusia dan Alam, Pemerintah akan Reforestasi Mangrove di 9 Provinsi

- Senin, 17 Januari 2022 | 22:08 WIB
Ilustrasi Hutan Mangrove
Ilustrasi Hutan Mangrove

REALITA PUBLIK,- Mangrove merupakan tumbuhun yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya di wilayah pesisir dan kepulauan.

Mangrove berfungsi sebagai penahan ombak, badai, melindungi daratan dari erosi dan abrasi. Mangrove menjadi filter alami sungai dari polutan dan menjaga kelebihan sedimen mencapai laut.

Peran mangrove juga penting dalam menjaga biota laut dan berdampak besar pada ekonomi masyarakat sekitar. Keberadaan mangrove berdampak langsung bagi komunitas lokal.

Baca Juga: Tragedi Susur Sungai MTs Harapan Baru, Ridwan Kamil Minta Pemda dan Pihak Terkait Evaluasi Kegiatan Alam

Selain manfaat ekonomi, mangrove juga memiliki dampak besar terhadap masalah iklim. Studi menunjukkan hutan mangrove dapat menyerap karbon empat kali lebih banyak daripada hutan hujan (rainforest). Sebagian besar karbon ini disimpan dalam tanah di bawah pohon-pohon mangrove.

Meskipun mangrove memiliki manfaat yang banyak bagi manusia dan bumi, sedikitnya 35 persen hutan mangrove dunia telah hilang atau rusak dalam kurun waktu 1980 – 2000.

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terus mendorong rehabilitasi mangrove di Indonesia. Belum lama ini, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi upaya-upaya mempercepat rehabilitasi mangrove menggunakan teknologi drone.

Baca Juga: Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan Apresiasi Kinerja Satgas Citarum di Masa Pandemi Covid 19

Hal itu diungkapkan Menko Marves saat memberikan sambutan pada Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Program CSR Rehabilitasi Mangrove, akhir tahun 2021 lalu.

Menindaklanjuti arahan Menko Marves, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan terus memonitor kesiapan penerapan teknologi drone untuk penanaman mangrove.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Progres PLTA Kayan, Pembangunan Jalan Capai 30 Persen

Rabu, 14 September 2022 | 18:05 WIB
X