• Rabu, 5 Oktober 2022

Misteri Subsidi Rp502 triliun

- Rabu, 7 September 2022 | 16:23 WIB
Subsidi BBM dan Kompensasi Energy (Awalil Rizky/ YouTube)
Subsidi BBM dan Kompensasi Energy (Awalil Rizky/ YouTube)

REALITA PUBLIK,- Presiden Jokowi tanggal 1 Agustus 2022 berdalih negara manapun TIDAK AKAN KUAT menanggung subsidi sebesar Rp 502 triliun. Inilah dasar kebijakan menaikan BBM bersubsidi. Subsidi adalah alokasi anggaran untuk memenuhi hajat hidup orang banyak agar harga jual DAPAT DIJANGKAU.

Dalam Perpres No. 98/2022 tentang APBN-P (Perubahan) memang ada lonjakan subsidi menjadi Rp 283,7 trilun, yaitu subsidi energi Rp 208,93 triliun dan subsidi non-energi Rp 74,77 triliun. Lalu angka Rp 502 triliun yang membuat cemas pemerintah dari mana?

Ternyata dalam laporan Kemenkeu disebutkan ada DANA KOMPENSASI yang dimasukan dalam anggaran BELANJA LAIN-LAIN sebesar Rp 293,50 triliun. Sehingga total Rp 502,43 triliun setelah ditambah subsidi energi.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Tarif Angkutan Umum di Kota Bandung Ikut Naik

Poin penting Belanja Lain-Lain suatu keadaan bersifat MENDESAK dan TIDAK DAPAT DIPREDIKSI.

Asumsi pemerintah yang implisit menujukan sejak awal salah perhitungan. Kalau APBN rentan kenapa pengeluaran sangat boros? Terutama proyek-proyek infrastruktur yang memberi penugasan kepada BUMN. Sementara proyek-proyek infrastruktur padat modal dan berjangka panjang.

ICP (Indonesia Crude Price) kemungkinan di atas $100 per-barel dan depresiasi kurs rupiah alasan dana kompensasi membengkak.

Baca Juga: Di Luar Gedung Buruh Teriak Menolak Kenaikan Harga BBM, di Dalam Gedung Anggota DPR RI Bersenandung Lagu Ultah

Padahal, pemerintah sendiri menjelaskan terjadi penambahan pendapatan negara setiap kenaikan ICP $ 1 sebesar Rp 3 triliun. Begitu pula setiap nilai pengendalian kurs rupiah di bawah asumsi APBN.

Nah lho...terasa kontradiksi kok malah dijadikan faktor kemendesakan untuk menaikan BBM.

Halaman:

Editor: Cuya

Artikel Terkait

Terkini

Progres PLTA Kayan, Pembangunan Jalan Capai 30 Persen

Rabu, 14 September 2022 | 18:05 WIB
X