• Selasa, 4 Oktober 2022

Dampak BBM Naik, Pemerintah Umumkan Kenaikan Tarif Ojol

- Rabu, 7 September 2022 | 17:17 WIB
TARIF OJOL NAIK, Ini Daftar Harga Baru di Jabodetabek dan Wilayah Jawa, Berlaku 10 September 2022. (YOUTUBE/Gojek Indonesia)
TARIF OJOL NAIK, Ini Daftar Harga Baru di Jabodetabek dan Wilayah Jawa, Berlaku 10 September 2022. (YOUTUBE/Gojek Indonesia)

REALITA PUBLIK,- Dampak kenaikan harga BBM Bersubsidi, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengumumkan kenaikan tarif ojol (ojek online).

Kebijakan ini mulai diterapkan pada Sabtu, 10 September 2022. Kenaikan tarif ojol berlaku untuk tiga Zona wilayah di Indonesia. Untuk zona I dan Zona III mengalami kenaikan sebesar 6 sampai 10 persen biaya jasa. 

Sementara untuk Zona II terdapat kenaikan biaya batas bawah sebesar 13,33 persen dan batas atas sebesar 6 persen.

"Penyesuaian tersebut dilakukan menyusul kenaikan harga BBM," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, (7/9/2022).

Baca Juga: Harga BBM Naik, Tarif Angkutan Umum di Kota Bandung Ikut Naik

Dasar kenaikan tarif ojol berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang terbaru.

"Kenaikan ini juga dipengaruhi oleh beberapa komponen biaya jasa seperti PPN, UMR, dan lainnya," jelasnya dikutip realitapublik.com dari notifindonesia.com.

Baca Juga: BLT Kompensasi Kenaikan BBM, Pemkot Bandung Kerahkan Tim untuk Awasi Penyaluran

Ia menambahkan, adapun biaya jasa tersebut dibagi menjadi dua, yakni biaya langsung dan biaya tak tak langsung.

Biaya langsung meliputi kenaikan UMR, asuransi pengemudi, dan biaya jasa minimal order 4 kilometer, dan yang terbaru adalah kenaikan harga BBM.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Progres PLTA Kayan, Pembangunan Jalan Capai 30 Persen

Rabu, 14 September 2022 | 18:05 WIB
X