• Selasa, 4 Oktober 2022

Usai Menuai Kecaman dari Prajurit TNI, Effendi Simbolon Akhirnya Minta Maaf

- Rabu, 14 September 2022 | 19:00 WIB
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon (Istimewa)
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon (Istimewa)

REALITA PUBLIK,- Setelah banyak gelombang protes dan kecaman dari prajurit TNI, akhirnya Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI-P Effendi Simbolon menyampaikan permohonan maaf.

"Saya dari lubuk hati yang paling dalam, saya mohon maaf apapun perkataan saya yang menyinggung, yang menyakiti, yang tidak nyaman di hati para prajurit, siapa pun dia, dari mulai tamtama, bintara, perwira, bahkan sampai para sesepuh, para pihak yang tidak nyaman dengan adanya perkataan yang mungkin diartikan lain," ujar Effendi Simbolon saat konferensi pers di ruang Fraksi PDIP DPR RI Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Gelombang protes dan kecaman yang datang dari prajurit TNI kepada Effendi Simbolon, karena pernyataannya yang menyebut TNI seperti gerombolan saat Komisi I DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, (5/9) lalu.

Baca Juga: Pemuda Pancasila Kota Bandung Ikut Sentil Effendi Simbolon, Tak Cukup Hanya Minta Maaf

Dalam permohonan maaf nya kepada TNI, Effendi menjelaskan bahwa dirinya tidak bermaksud menstigma TNI sebagai gerombolan. Yang dia maksud adalah kalau tak ada kepatuhan dan harmoni itu seperti gerombolan.

"Saya menyadari hal itu mungkin menjadi tidak nyaman, kemudian tidak elok, dan juga beberapa pihak tidak nyaman, mungkin merasa tersinggung atau tersakiti akan kata-kata yang keluar dari saya menyangkut seputar, soal gerombolan dan ormas, yang sejatinya, sejujurnya, saya tidak pernah menstigmakan TNI itu gerombolan," jelasnya.

"Tapi lebih kepada, kalau tidak ada kepatuhan, kalau tidak ada kemudian harmoni dan seterusnya itu seperti gerombolan, seperti ormas," imbuh Effendi.

Baca Juga: Sebut TNI Seperti Gerombolan, Politikus PDIP Effendi Simbolon Tuai Kecaman dari Prajurit

Selain menyampaikan permohonan maaf secara publik, dirinya juga sebelumnya sudah bertemu dan meminta maaf langsung kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dikatakan Effendi, pertemuannya dengan Jenderal Andika telah berlangsung pada Selasa (13/9/2022) siang.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Progres PLTA Kayan, Pembangunan Jalan Capai 30 Persen

Rabu, 14 September 2022 | 18:05 WIB
X