• Minggu, 2 Oktober 2022

KPPU Lanjutkan Penyelidikan Terhadap Google, Atas Dugaan Monopoli dan Persaingan Usaha Tak Sehat

- Jumat, 16 September 2022 | 00:32 WIB
Google bakal diselidiki oleh KPPU. (sumber foto: internet)
Google bakal diselidiki oleh KPPU. (sumber foto: internet)

REALITA PUBLIK,- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mulai melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaraan UU No. 5/1999 yang dilakukan oleh Google dan anak usahanya di Indonesia.

KPPU menduga, Google telah melakukan penyalahgunaan posisi dominan, penjualan bersyarat, dan praktik diskriminasi dalam distribusi aplikasi secara digital di Indonesia.

Hal itu disampaikan Mulyawan Ranamanggala, selaku Direktur Ekonomi, Kedeputian bidang Kajian dan Advokasi KPPU, melalui siaran pers, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga: Komisi B Minta Dinas KUKM Hadirkan Inovasi Bagi PKL, Usaha Mikro, dan Koperasi

Dijelaskan Mulyawan, keputusan tersebut dihasilkan pada Rapat Komisi tanggal 14 September 2022, dalam menindaklanjuti hasil penelitian inisiatif yang dilakukan Sekretariat KPPU.

"Proses penyelidikan akan dilakukan selama 60 (enam puluh) hari kerja ke depan, guna memperoleh bukti yang cukup, kejelasan, dan kelengkapan dugaan pelanggaran Undang-Undang," jelasnya.

Sebagai informasi, KPPU selama beberapa bulan terakhir telah melakukan penelitian inisiatif yang berkaitan dengan Google, sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet.

Baca Juga: Rizal Ramli Tantang KPPU Selidiki Soal Dugaan Intervensi Pemerintah ke SPBU Vivo: Langgar UU Antimonopoli

Penelitian tersebut difokuskan pada kebijakan Google yang mewajibkan penggunaan Google Pay Billing (GPB) di berbagai aplikasi tertentu. GBP adalah metode atau pembelian produk dan layanan digital dalam aplikasi (in-app purchases) yang didistribusikan di Google Play Store.

Atas penggunaan GBP tersebut, Google mengenakan tarif layanan/fee kepada aplikasi sebesar 15-30% dari pembelian.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Progres PLTA Kayan, Pembangunan Jalan Capai 30 Persen

Rabu, 14 September 2022 | 18:05 WIB
X