• Senin, 28 November 2022

Peretasan Marak Terjadi di Indonesia, Yuk Kenali Macam Macam Hacker yang ada

- Selasa, 27 September 2022 | 16:13 WIB
Iluastrasi Hacker (Pixabay)
Iluastrasi Hacker (Pixabay)

REALITA PUBLIK,- Belakangan ini keberadaan Hacker atau peretas ramai jadi perbincangan masyarakat Indonesia. Mulai dari media pemberitaan hingga postingan media sosial dibanjiri konten atau pemberitaan aktivitas hacker.

Kabar yang paling menjadi sorotan publik adalah kemunculan Bjorka yang telah berhasil meretas data pelanggan Indihome, data registrasi SIM Card, data KPU RI, data pejabat negara.

Bahkan ada dugaan Bjorka telah meretas sejumlah dokumen surat menyurat milik Presiden Joko Widodo, termasuk surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara (BIN). 

Baca Juga: Integrasikan Akun Pengguna Blibli dan tiket.com Kamu, Nikmati Berbagai Keuntungannya

Meski hal tersebut disangkal Kepala Sekretariat Heru Budi Hartono, tidak ada satu pun dokumen surat menyurat Presiden Jokowi yang diretas.

Peretasan bisa menyasar kepada siapa saja yang memiliki akses digital atau pengguna jaringan komputasi. Peretasan tidak hanya menimpa instansi atau pejabat tinggi negara.

Sebelum kita membicarakan aktivitas peretasan yang menyasar sejumlah pengguna di Indonesia, sebaiknya kita juga perlu mengenali berbagai macam tipe Hacker atau peretas.

Baca Juga: Kualitas Jaringan JDIH DPRD Kota Bandung akan Ditingkatkan

Terbaru, sejumlah awak media Narasi, yang digawangi presenter Najwa Shihab juga menjadi korban peretasan.

Dari aktivitas peretasan yang menyerang sejumlah pengguna dari berbagai kalangan di Indonesia, hingga kini belum diketahui motif dan alasan para hacker membobol keamanan jaringan komputer.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Dilantik, DPC Demokrat Ciamis Siap Tancap Gas

Senin, 21 November 2022 | 10:15 WIB

Kang Tjetje Sampai Jumpa dalam Kenangan

Senin, 14 November 2022 | 16:44 WIB
X