• Senin, 28 November 2022

BTL BBM Untuk Nelayan Mulai Disalurkan, Komisi II DPRD Jabar Minta Penyaluran Tepat Sasaran Tanpa Potongan

- Senin, 7 November 2022 | 22:45 WIB
anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri dari Fraksi PDI Perjuangan (ist)
anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri dari Fraksi PDI Perjuangan (ist)

INDRAMAYU, Realitapublik.com,-- Perwakilan perwakilan nelayan Kabupaten Indramayu,  menyampaikan aspirasi dan mengeluh kepada  Aggota Komisi II DPRD Jabar,  H. Syamsul Bachri SH, MBA  karena tidak bisa melaut akibat terdampak  kenaikan harga Bahan Bakar Minyak bersubsidi jenis Solar.

Menanggapi aspirasi perwakilan Nelayan IndramayuSyamsul Bachri mengatakan, dirinya dapat memaklumi aspirasi para nelayan. Namun, para nelayan tidak perlu terlalu khawatir karena Pemerintah  melalui Kementerian Sosial RI  akan menyalurkan bantuan social yaitu Bantuan Tunai Langsung (BTL) BBM khusus para nelayan, buruh nelayan dan para nakhoda kapal kecil yang besarnnya Rp.600 ribu per nelayan/setiap sasaran.  

Bantuan sosial Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial RI  telah  disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jabar.   Selanjutnya melalui Dinas Sosial yang akan  menyalurkan nya kepada para nelayan Jabar, termasuk nelayan Indramayu.

Baca Juga: Komisi II DPRD Jabar akan Pantau Penyaluran BLT BBM Bagi Nelayan, Agam Gumay: Jangan Ada Potongan, Harus Utuh

Anggota legislatif  dari Dapil Jabar XII ( Kab/kota Cirebon –Kab Indramayu ) mengungkapkan bahwa pada saat Komisi II DPRD Jabar menggelar rapat dengan Dinas  Perikanan dan Kelautan (DKP) Jabar dan Dinas Sosial Jabar terkait kesiapan dan persiapan penyaluran BTL BBM bagi kalangan nelayan Jabar.

Pada  rapat tersebut, kalangan nelayan yang akan mendapatkan BTL BBM adalah nelayan kecil, buruh nelayan  dan nakhoda.  Untuk nakhoda kapal ukuran masksimal 5 Gross Ton (GT) yang termasuk  dalam Data Terpadu Kesejhateaan Sosial (DTKS).

Untuk penyalurannya sendiri, akan dilakukan dalam dua tahap, untuk tahap pertama akan disalurkan sebesar Rp.400.000,- yang dilakukan pada tanggal 4-13 November 2022 dan tahap kedua sebesar Rp.200.000,- akan disalurkan pada Desember 2022.

Baca Juga: Syamsul Bachri Serap Aspirasi Warga Benda Kecamatan Karangampel-Indramayu

Sejauh ini kita dari Komisi II menilai, langkah-langkah kolaborasi DKP dan Dinsos Jabar  cukup baik, dalam kesiapan penyaluran BTL BBM  bagi kalangan Nelayan.  Kita tentunya berharap, melalui penyaluran BTLBBM ini dapat meringankan beban  para Nelayan, kata mantan Ketua DPC PDIP Kab Indramayu ini, Senin (7/11/2022).

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Dilantik, DPC Demokrat Ciamis Siap Tancap Gas

Senin, 21 November 2022 | 10:15 WIB

Kang Tjetje Sampai Jumpa dalam Kenangan

Senin, 14 November 2022 | 16:44 WIB
X