• Senin, 28 November 2022

Gerhana Bulan Total akan Terjadi Hari Ini, Apa Sih Dampaknya bagi Kehidupan Manusia

- Selasa, 8 November 2022 | 13:26 WIB
LAPAN jelaskan dampak Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022 mendatang bagi bumi. (Pixabay.com/DenisDoukhan)
LAPAN jelaskan dampak Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022 mendatang bagi bumi. (Pixabay.com/DenisDoukhan)

REALITA PUBLIK,- Terjadinya fenomena astronomi Gerhana Bulan Total (GBT) pada 8 November 2022 diperkirakan akan berlangsung selama 85 menit (1jam 25 menit). Gerhana total dapat teramati di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu.

Gerhana Bulan Total (GBT) ini apakah memiliki dampak bagi kehidupan manusia?. Secara umum, dampak yang ditimbulkan adalah pasang naik air laut yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya ketika tidak terjadi gerhana, purnama maupun bulan baru.

Hal itu disampaikan oleh peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total Terjadi Hari Ini 8 November 2022, Catat Waktu dan Wilayah yang bisa Mengamati

Saat gerhana, kata Andi, tidak ada cahaya Matahari yang dapat dipantulkan oleh Bulan sebagaimana ketika fase bulan purnama.

"Gerhana dapat berwarna menjadi lebih kecokelatan bahkan hitam pekat jika partikel seperti debu vulkanik ikut menghamburkan cahaya," katanya.

Perlu diketahui, Gerhana merupakan fenomena astronomi yang terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain. Gerhana Bulan Total terjadi saat seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi.

Hal ini disebabkan saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Posisi Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Bulan berada di dekat titik simpul orbit Bulan, yakni perpotongan antara ekliptika (bidang edar Bumi mengelilingi Matahari) dengan orbit Bulan.

Baca Juga: Fenomena Hujan Hanya Basahi Satu Mobil di Cikarang, Begini Penjelasan Prakirawan BMKG

Tahukah kamu, Gerhana Bulan Total 8 November 2022 merupakan gerhana atau GBT ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960). Fenomena Gerhana Bulan Total terjadi ketika bulan purnama.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Dilantik, DPC Demokrat Ciamis Siap Tancap Gas

Senin, 21 November 2022 | 10:15 WIB

Kang Tjetje Sampai Jumpa dalam Kenangan

Senin, 14 November 2022 | 16:44 WIB
X