• Senin, 28 November 2022

Menakar Sosok Pengganti Panglima TNI Jenderal Andika, Ini Prediksi dari Pengamat Militer dan Politisi

- Jumat, 11 November 2022 | 16:30 WIB
Menakar sosok calon Panglima TNI gantikan Jenderal Andika Perkasa (IST)
Menakar sosok calon Panglima TNI gantikan Jenderal Andika Perkasa (IST)

REALITA PUBLIK,- Pada bulan Desember 2022, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dikabarkan akan memasuki masa pensiun. Lantas, siapakah calon pengganti pemimpin militer di Indonesia selanjutnya?.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan nama calon pengganti Andika. Yang pasti, kata Presiden, Panglima TNI akan diisi oleh salah satu dari tiga kepala staf (TNI AD, TNI AL dan TNI AU).

Menakar sosok Panglima TNI pengganti Jenderal Andika, dari ketiga matra Kepala Staf TNI yang menjabat saat ini terdapat nama-nama yang paling santer berpeluang besar, yakni KSAL dan KSAD.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hanya Ajukan Satu Nama Calon Panglima TNI, KSAD Jenderal Andika Perkasa

Saat ini, Kepala Staf TNI AD dijabat oleh Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut atau KSAL dijabat Laksamana Yudo Margono dan Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara atau KSAU.

Menakar sosok pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menilai sosok Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman layak menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa jika pensiun nanti.

“Saya pikir yang potensial memang Pak Dudung (Abdurachman). Pak Dudung bagus (jadi Panglima TNI),” ujar Syarif dikutip Realitapublik.com dari Sindonews.com, Jumat (11/11/2022).

Jenderal Dudung, kata Syarif, dinilai sebagai sosok pemimpin yang bisa merangkul dan diterima semua kalangan. Tak perlu diragukan lagi, Jenderal Dudung memiliki intergritas, kapasitas dan kapabilitas dalam menjaga keamanan, pertahanan, dan keutuhan Indonesia, ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hanya Ajukan Satu Nama Calon Panglima TNI, KSAD Jenderal Andika Perkasa

Sosok pengganti yang cocok dan pantas menduduki jabatan Panglima TNI, adalah KSAL yang saat ini dijabat oleh Laksmana Yudo Margono. Hal itu dikemukakan Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Dilantik, DPC Demokrat Ciamis Siap Tancap Gas

Senin, 21 November 2022 | 10:15 WIB

Kang Tjetje Sampai Jumpa dalam Kenangan

Senin, 14 November 2022 | 16:44 WIB
X