• Senin, 28 November 2022

Membangun Ketahanan Pangan dengan Mengambangkan Kawasan Sentra Mandiri

- Jumat, 18 November 2022 | 10:53 WIB
Anggota Komisi II DPRD Jabar H.Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan (ist)
Anggota Komisi II DPRD Jabar H.Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan (ist)

BANDUNG, Realitapublik.com,-- Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi pensuplay kebutuhan pangan nasional. Hal ini karena potensi Jabar dalam memproduksi kebutuhan pangan sangat tinggi, baik berupa padi, jagung dan kedele.

Bahkan beberapa tahun terakhir ini provinsi Jabar sudah tidak menginpor beras dari luar negeri, bahkan menjadi daerah pensuplay kebutuhan pangan nasional.

Anggota Komisi II DPRD Jabar,H. Syamsul Bachri, SH, MBA mengatakan, selama pandemic covid-19 melanda dunia termasuk juga Indonesia, Alhamdulillah Indonesia tidak mengalami krisis pangan. Walaupun seluruh sector kehidupan terguncang akibat dampak covid-19.

Baca Juga: DPRD Jabar Setujui dan Kawal Anggaran Program Rutilahu Tahun 2023 Sebesar Rp.200 Milliar

Selama pandemi covid-19, para petani tetap melakukan produksi, walaupun dalam pendistribusian hasil pertanian tersendat, karena banyak pelaku UMKM dan kuliner mengalami penurunan permintaan konsumen.

Akibat turunnya permintaan, tentunya over supplay , sehingga beberapa harga komoditas pertanian mangalami penurunan harga bahkan anjlok. Dan agar para petani tidak merugi maka dilakukan pengurangan produksi, kata Syamsul saat dimintai tanggapan terkait ketersediaan pangan di Jabar, Jum’at (18/11/2022).

Ketersediaan stock produksi pertanian tentunya menjadi modal bagi bangsa Indonesia dalam mengatasi ketahanan pangan. Jadi disinilah pentingnya membuat ketersediaan pangan lokal.

Baca Juga: Masuk Tahap Lelang, DPRD Jabar Berharap TPPAS Legok Nangka Segera Beroperasi

Sebagai daerah pensuplay ketersediaan bahan pangan bagi Indonesia, terutama bahan pangan lokal secara langsung memberikan sumbangsih untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional di tengah dinamika global.

“Kita di Komisi II DPRD Jabar, terus mendukung program inovasi guna menjaga dan memenuhi kebutuhan dan ketahanan pangan. Bahkan kita mendorong agar sector pertanian untuk dapat meningkatkan produksinya, sehingga kita dapat mewujudkan pangan yang berdaulat”, kata Politisi PDIP Jabar ini.

Anggota Legislator jabar dari Dapil Jabar XII (Kabupaten /kota Cirebon dan Kab Indramayu) ini menambahkan, ketahanan pangan bukan hanya menjadi prioritas tapi juga menjadi target kesejahteraan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah daerah dinyakini mampu merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan penguatan ketahanan pangan nasional.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Dilantik, DPC Demokrat Ciamis Siap Tancap Gas

Senin, 21 November 2022 | 10:15 WIB

Kang Tjetje Sampai Jumpa dalam Kenangan

Senin, 14 November 2022 | 16:44 WIB
X