• Senin, 28 November 2022

Ketua Komisi Informasi Pusat Resmikan Kantor Layanan Informasi Publik UIN Bandung

- Rabu, 7 September 2022 | 21:46 WIB
Ketua Komisi Informasi Pusat Dr. Donny Yoesgiantoro Resmikan Kantor Layanan Informasi Publik UIN Bandung, Selasa (6/9/2022) (Ist)
Ketua Komisi Informasi Pusat Dr. Donny Yoesgiantoro Resmikan Kantor Layanan Informasi Publik UIN Bandung, Selasa (6/9/2022) (Ist)

REALITA PUBLIK,- Perguruan tinggi negeri merupakan salah satu lembaga publik, hendaknya berkomitmen untuk membangun budaya keterbukaan informasi publik.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Dr. Donny Yoesgiantoro saat memberikan pembinaan pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan meresmikan kantor layanan informasi publik Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, di Kampus 1 Jalan A.H. Nasution No. 105 Cibiru, Bandung, Selasa (6/9/2022).

“Ini sangat penting, untuk semakin meningkatkan kepercayaan publik. Mulailah dengan transfaransi dan saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan UIN Bandung ini dengan penguatan kelembagaan dan fasilitasi layanan yang prima,” tegas Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Dr. Donny Yoesgiantoro.

Baca Juga: DPRD Jabar Apresiasi Langkah KPID, Inisiasi Surat Edaran Siaran Keagamaan

Kegiatan ini juga dihadiri Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro, para Dekan, Kepala SPI, para Ketua Lembaga, seluruh Koordinator di lingkungan universitas dan Fakultas, para Kepala Pusat juga PPID Pelaksana.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KI Pusat mengingatkan bahwa hak atas informasi merupakan hak asasi manusia dan hal tersebut diatur dalam Pasal 28 F Undang Undang Dasar 1945.

Disebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Baca Juga: KPID Jabar Diminta Tingkatkan Pengawasan Penyiaran

Badan publik, lanjut Dr. Donny, berkewajiban menyediakan informasi yang akurat, benar dan tidak menyesatkan. Menyebarluaskan informasi publik dengan cara yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan dalam bahasa yang mudah dipahami. “Membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi,” tegasnya.

Komitmen UIN Bandung
Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Mahmud mengapresiasi kehadiran Ketua Komisi Informasi Pusat dalam memberikan pembinaan kepada PPID.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Didin Saepudin Menjabat Rektor USB-YPKP Periode 2022-2026

Selasa, 13 September 2022 | 00:05 WIB

Juara Umum O2SN 2022 Diraih Provinsi Jawa Barat

Sabtu, 10 September 2022 | 16:29 WIB

Terinspirasi Semangat Pahlawan, Lawan Pandemi Covid-19

Selasa, 23 Agustus 2022 | 10:35 WIB
X