• Senin, 28 November 2022

Komisi V Menerima Aliansi Peduli Pendidikan Jabar Terkait Pergub No 44 /2022 dan Pungutan Sekolah

- Minggu, 25 September 2022 | 23:20 WIB
Anggota Komisi V  DPRD Jabar Weni Dwi Aprianti, S.AB dari Fraksi PDIP (ist)
Anggota Komisi V DPRD Jabar Weni Dwi Aprianti, S.AB dari Fraksi PDIP (ist)

BANDUNG, Realitapublik.com,-- Gubernur Jawa Barat  telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No 44 tahun 2022 tentang Komite Sekolah. Penerbitan Pergub ini untuk menghindari adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan pihak sekolah melalui komite sekolah.

Namun, dilapangan banyak sekolah dan komite sekolah yang tidak memahami secara utuh tujuan dan isi Pergub Jabar No. 44 tahun 2022 tersebut. Sehingga banyak orang tua merasa terbebani uang sumbangan yang ditarik oleh pihak sekolah melalui Komite Sekolah. Hal ini tentunya membuat resah bagi para orang tua siswa.

Belum lama ini, isu sumbangan berbau pungutan marak di media massa maupun media social, adanya pungutan yang dilakukan di beberapa satuan pendidikan setingkat SMA/SMK Negeri di Jabar atas penerapan Pergub No 44 tahun 2022.

Baca Juga: Bocoran Revisi Pergub Komite Sekolah, Jabatan Komite Dibatasi Dua Periode


Sebagai wujud rasa kepedulian dan keprihatinan terhadap dunia pendidikan atas keluhan masyarakat, maka Aliansi Peduli Pendidikan (APP) Jawa Barat melakukan audensi dengan Komisi V DPRD Jabar.

Anggota Komisi V DPRD Jabar Weni Dwi Aprianti, S.AB dari Fraksi PDI Perjuangan membenarkan bahwa Komisi V DPRD Jabar telah menerima Aliansi Pemerhati Pendidikan (APP) Jawa Barat terdiri dari Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP), Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) dan Gerakan Masyarakat Pemerhati Pendidikan Untuk Reformasi (GEMPPUR), di ruang rapat kerja Komisi V DPRD Jabar.

Hadir dalam audensi , Pimpinan dan Anggota Komisi V DPRD Jabar, juga turut hadir perwakilan dari Disdik Jabar, Ombudsman Jabar, Dewan Pendidikan Jabar, Satgas Saber Pungli Jabar dan Inspektorat Jabar.

Baca Juga: Dituding Memaksa dan Permalukan Ortu Siswa, Ini Jawaban Ketua Komite SMAN 24 Bandung

Dalam audensi tersebut, perwakilan dari Aliansi Peduli Pendidikan menyampaikan permasalahan yang terjadi dilapangan terkait penerapan Pergub No 44 tahun 2022.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Weni Dwi Aprianti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Didin Saepudin Menjabat Rektor USB-YPKP Periode 2022-2026

Selasa, 13 September 2022 | 00:05 WIB

Juara Umum O2SN 2022 Diraih Provinsi Jawa Barat

Sabtu, 10 September 2022 | 16:29 WIB

Terinspirasi Semangat Pahlawan, Lawan Pandemi Covid-19

Selasa, 23 Agustus 2022 | 10:35 WIB
X