Lewat Program Games, Respon Dunia Pendidikan Jabar hadapi Tantangan Pemanasan Global

- Jumat, 4 November 2022 | 08:17 WIB
Gerakan memungut sampah atau Games mengajak peserta didik di Jabar menjaga kebersihan. (Foto: Dokumentasi Disdik Jabar)
Gerakan memungut sampah atau Games mengajak peserta didik di Jabar menjaga kebersihan. (Foto: Dokumentasi Disdik Jabar)

REALITA PUBLIK,- Disdik Jabar gulirkan Program Gerakan Memungut Sampah (Games). Program ini mengajak pelajar di Jawa Barat menjaga kebersihan dan menjadi agen perubahan menghadapi tantangan global tentang lingkungan.

Melalui program Games, diharapkan menjadi modal bagi generasi muda atau pelajar mempersiapkan diri menghadapi isu Global Warming yang semakin nyata.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan pemanasan global merupakan satu dari tiga disrupsi yang akan dihadapi ke depan.

Dengan mengajak peserta didik untuk melakukan aksi nyata lewat gerakan membuang sampah, kata dia, maka menandakan dunia Pendidikan di Jabar telah merespon ancaman tersebut.

Baca Juga: Tekankan Integritas, Ini Pesan Kadisdik Jabar untuk para Calon Kepala Sekolah

“Karena itu jangan menyepelekan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Yang kita tahu, tumpukan sampah dapat mengeluarkan gas yang berakibat terjadinya global warming," ujarnya.

"Mulai dari sekolah, kita merespon ancaman tersebut dengan melakukan aksi nyata memungut sampah,” pesan Dedi.

Namun, Dedi mengatakan ada yang lebih penting guna mengantisipasi terjadinya global warming akibat permasalahan sampah ini. Oleh sebab itu, dia juga mengajak agar peserta didik dapat meminimalisir produksi sampah dalam setiap kegiatan di sekolah.

“Gaya hidup bersih ini harus kita lakukan, karena selain menjadikan lingkungan sekolah lebih bersih dan sehat juga turut mengantisipasi terjadinya pemanasan global,” ujar Dedi.

Baca Juga: Piala Gubernur Pelajar Juara Sukses Digelar, Begini Pesan Kadisdik Jabar

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cetak SDM Unggul, ULBI Lantik 744 Wisudawan

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:42 WIB
X