• Senin, 28 November 2022

Sulit Air Bersih, Global Wakaf ACT Bandung Bangun Sumur Wakaf di Cililin Sukabumi

- Senin, 7 Maret 2022 | 14:30 WIB
Sumur Wakaf di Kampung Kaum Desa Cililin, Kecamatan Cilodog, Kabupaten Sukabumi (IST)
Sumur Wakaf di Kampung Kaum Desa Cililin, Kecamatan Cilodog, Kabupaten Sukabumi (IST)

REALITA PUBLIK,- Wujudkan kemudahan air bersih di wilayah yang sering dilanda kekeringan saat kemarau. Global Wakaf-ACT membangun satu Sumur Wakaf dan MCK di Masjid Arrohman Kampung Kaum desa Cililin, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi.

Diketahui, ketersediaan sumber air bersih warga wilayah ini masih bergantung dengan intensitas hujan. Ketika hujan tak turun selama beberapa hari, warga di wilayah tersebut sangat kesulitan air.

Salahsatu faktor sulitnya ketersediaan air bersih di wilayah ini disebabkan karena karakteristik tanah di wilayah ini bebatuan wadas.

Sumur-sumur yang dimiliki oleh warga mengeluarkan air dengan debit sangat kecil bahkan kering tidak ada air sama sekali. Bahkan bila musim kemarau tiba, warga Kp. Kaum harus melakukan pipanisasi sejauh Satu Kilo Meter.  

Baca Juga: ACT Kota Bandung Berbagi di Momen Hari Pers Nasional 2022

“Karakter tanah daerah tersebut adalah tanah liat dan tanah berbatu wadas. Secara umum, tanah atau sumur tidak mengeluarkan air semasa musim kemarau dan tanah yang berbatu wadas sangat rentan kekeringan”, ujar Resdi Tim Program Global Wakaf-ACT Bandung.

Alhamdulillah Global Wakaf-ACT Bandung yang juga disupport oleh PWI Kota Bandung telah rampung membangun satu Sumur Wakaf dan MCK di Masjid Arrohman Kampung Kaum. Hari ini telah pula di resmikan Sumur Wakaf dan MCK tersebut sehingga udah bisa dipergunakan.

“kita berharap dibangunnya Sumur Wakaf ini tidak hanya mempermudah keperluan warga umum, tapi juga jamaah Masjid yang ingin beribadah," harap Resdi

Warga setempat pun sangat bersyukur atas pembangunan sumur tersebut dan sangat Bahagia, salah satunya Ibu Roheni.

Baca Juga: Sebanyak 127 Warga Terima Bantuan dari Baznas Kota Bandung

“Saya atas nama warga serta DKM Arrohman, mengucapkan terima kasih telah membantu membangun MCK dan Sumur bor Kampung kami. Fasilitas ini memang sangat dibutuhkan oleh warga disini," ungkap Roheni. (Cuy/dbs).

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Investasi Emas dengan Aman untuk Investor Pemula

Selasa, 22 November 2022 | 22:19 WIB
X