Syamsul Bachri : Komisi II Mendukung Kemenkum-HAM Canangkan Pariwisata Berbasis HAM di Jabar

- Jumat, 15 Juli 2022 | 16:30 WIB
H. Saymsul Bachri, SH.MBA anggota Komisi II DPRD Jabar dariFraksi PDIP (ist)
H. Saymsul Bachri, SH.MBA anggota Komisi II DPRD Jabar dariFraksi PDIP (ist)

BANDUNG, Realitapublik.com,-- Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraski PDI Perjuangan menyambut positif pencanangan Pariwisata Berbasis Hak Asasi Manusia di Jawa Barat.

“Pencanangan Pariwisata Berbasis HAM ini sangat baik untuk melindungi para wisatawan, para pelaku wisata maupun masyarakat di sekitar objek wisata. Selain itu, juga terkait tempat ibadah, sarana-prasarana maupun tenaga kerja yang melibatkan anak-anak”, ujar Syamsul Bachri saat dihungi, Jum’at (15/7/2022).

Syamsul juga mengatakan, bahwa selama pendemi covid-19, sector pariwisata mengalami dampak yang luar biasa, bahkan aktifitas kepariwisataan di Jabar khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam kondisi mati suri. Bahkan objek wisata ditutup sementara oleh  pemerintah sebagai antisipasi penyebaran covid-19.

Baca Juga: Mendongkrak Kunjungan Wisatawan Melalui Pentas Seni Budaya Bernuansa Kearifan Lokal

“Ya dua tahun lebih sector kepariwisataan dalam kondisi mati suri, namun kini seiring semakin melandainya kasus covid-19 walaupun pandemi belum usai, kini secara berangsur-angsur perekonomian kita mulai bangkit dan tumbuh kembali, termasuk juga sector pariwisata”, ujar politisi PDI Jabar ini.

Lebih lanjut anggota legislative Jabar dari Dapil Jabar XII (Kab/Kota Cirebon-Kab Indramayu) ini mengatakan, sebelum pencanangan Pariwisata Berbasis HAM di implentasikan, tentunya Komisi II DPRD Jabar akan mengundang rapat kerja dengan Pemprov Jabar dan organiasi kepariwisataan termasuk juga para palaku wisata, untuk menyikapinya.

Perlu dicatat, bahwa sebelum diimplentasikan, tentunya harus dilakukan sosialisasi ketengah masyarakat, dan perlu juga dibuatkan regulasinya. Sehingga, pada saat diterapkan atau diimplentasikan, tidak ada lagi yang pro-dan kontra”, ujarnya.

Baca Juga: Menuju Smart City, Heritage Braga akan Diresmikan sebagai Urban Data Lab

Untuk diketahui bahwa, pada Selasa, 5 Juli 2022, lalu, Pelaksana Harian Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Pencanangan Pariwisata Berbasis HAM di Jawa Barat, yang resmi dicanangkan oleh Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM Mualimin Abdi, di Museum Sri Baduga Bandung.

Dirjen HAM Kemenkum dan HAM Mualimin Abdi mengatakan, Pencanangan Pariwisata Berbasis HAM di Jabar merupakan proyek percontohan pelayanan publik berbasis HAM, khususnya pada sektor pariwisata.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sejarah Kebun Binatang Bandung

Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:11 WIB

Pembangunan Desa Wisata Harus Optimal

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:02 WIB

Terpopuler

X