• Senin, 28 November 2022

5 Tips Investasi Emas dengan Aman untuk Investor Pemula

- Selasa, 22 November 2022 | 22:19 WIB
 Ilustrasi investasi emas (Pixabay/hamiltonleen)
Ilustrasi investasi emas (Pixabay/hamiltonleen)

REALITA PUBLIK,- Emas menjadi salah satu jenis investasi yang digemari oleh banyak orangnya. Pasalnya emas dikenal sebagai salah satu aset dengan kinerja terbaik walaupun di saat-saat krisis ekonomi.

Hal ini bisa dilihat dari kejadian pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, di mana perekonomian dunia sedang turun-turunnya namun nilai emas dunia justru melambung tinggi yakni sebesar 25,01%.

Emas Jadi Investasi dengan Tingkat Keamanan Tinggi

Emas memang dikenal sebagai jenis investasi dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi, dapat dikendalikan, dan nilainya tidak mudah turun. Emas dijuluki sebagai safe haven. Nilai jual emas dapat dibilang memiliki kecenderungan yang stabil dan meningkat dari tahun ke tahunnya. Tidak mengherankan jika jenis investasi ini digemari oleh para investor.

Baca Juga: Permudah Ijin Usaha dan Investasi, Jadi Jurus Ampuh Pulihkan Ekonomi
 
Selain itu, emas juga memiliki manfaat lainnya berupa kemampuannya dalam mempertahankan nilai emas itu sendiri dalam jangka waktu yang panjang. Emas dapat bertahan dari adanya ketidakpastian ekonomi yang naik turun.
 
Maka dari itu, orang-orang memilih emas sebagai salah satu asetnya dikarenakan dapat ditukar sewaktu-waktu di kala orang tersebut benar-benar membutuhkannya karena pada dasarnya sifat emas itu sendiri adalah mudah untuk dicairkan dan hal inilah yang membedakan emas dengan jenis investasi lainnya yang lebih sulit untuk dicairkan.
 
Jikalau pun dapat, hanya di waktu-waktu tertentu saja ataupun harus melewati prosedur yang tidak secepat mencairkan emas. Selain beberapa keunggulan, adapun jenis-jenis emas dimana salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai perhiasan.

Baca Juga: Cari Info dan Peluang Investasi yang Tepat di Kota Bandung, Aplikasi Invest Bandung Solusinya
 
Sebelum memulai investasi emas, bagi Anda investor pemula perlu mengetahui tips-tips ketika sudah membeli aset investasi ini, jangan sampai salah langkah yang mana berujung dengan kerugian. Penasaran apa saja tips-tips tersebut? Simak ulasan di bawah ini!
 

Tips Investasi Emas Aman

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli emas, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi. Tidak hanya berlaku di emas saja sih, apapun jenis investasi Anda memang harus ditentukan tujuannya terlebih dahulu.
 
Hal ini nantinya akan menentukan waktu pemilihan investasi, apakah dalam waktu yang sangat panjang atau sebaliknya. Tujuan dari investasi sendiri beragam, mulai dari untuk dana pendidikan, untuk ibadah haji, hingga dana hari tua nanti atau di masa kedepan.
 
Dengan mengetahui tujuan, akan membuat Anda lebih mudah dalam memperkirakan kira-kira berapa gram emas yang harus Anda beli dan seberapa sering Anda harus melakukan transaksi pembelian emas sehingga memenuhi nilai yang cukup untuk memenuhi target di masa depan nanti.

Baca Juga: Investasi Jadi Kunci Pemulihan Pascapandemi, Yana: Kota Bandung Harus Ramah Investasi
 

Halaman:

Editor: Suryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Investasi Emas dengan Aman untuk Investor Pemula

Selasa, 22 November 2022 | 22:19 WIB

bank bjb Raih Penghargaan Best BPD 2022

Jumat, 28 Oktober 2022 | 20:36 WIB
X