Daftar Lengkap Negara yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar, Simak Fakta Menarik Selama Penyisihan

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:40 WIB
Bagan babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Dok FIFA)
Bagan babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Dok FIFA)

REALITA PUBLIK,- Babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar telah rampung. Negara-negara yang mampu finish sebagai juara grup dan runner up dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Setelah melewati rangkaian babak penyisihan grup yang berlangsung selama lebih dari sepuluh hari ini, Timnas Korsel (grup H) dan Swiss (grup G) menjadi negara yang melengkapi untuk masuk babak 16 besar.

Ini daftar lengkap negara yang berhasil melaju babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, antara lain, Prancis; Brasil; Portugal; Belanda; Senegal; Inggris; Amerika Serikat;

Selanjutnya, Australia; Argentina; Polandia; Maroko; Kroasia; Jepang; Spanyol; Korea Selatan dan Swiss.

Selama babak penyisihan grup, tak ada satupun negara pemuncak klasemen yang berhasil memetik hasil sempurna 9 poin dari tiga pertandingan. Poin tertinggi hanya 7 poin diraih oleh timnas Belanda (Grup A), Inggris (Grup B) dan Maroko (Grup F).

Selain itu, banyak fakta menarik yang terjadi dalam perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar kali ini. Tim Jerman yang biasanya superior dalam ajang empat tahunan ini harus rela tersingkir dan mampu finish di posisi ke tiga.

Satu sisi, timnas Jepang mampu tampil mengesankan dengan memuncaki klasemen grup E yang diisi oleh negara-negara kuat sepakbola, Spanyol, Jerman dan Kosta Rika.

Juara bertahan Piala Dunia 2018 lalu, Perancis masih mampu menunjukan taring juara dengan memuncaki klasemen di Grup D dengan meraih poin 6. Namun harus rela kehilangan poin sempurna saat kalah dari Tunisia.

Sementara, tuan rumah Qatar harus menerima hasil pahit karena gagal lolos babak berikutnya, dan hasil buruk selama babak penyisihan hanya mampu mengantongi 0 poin.

Sedikit berbeda dengan timnas Arab Saudi, sempat mengejutkan di pertandingan perdana saat mengalahkan negara kuat Argentina, namun gagal menang di dua pertandingan tersisa. Harus rela menerima kenyataan terdepak ke dasar klasemen.

Selain tuan rumah, beberapa timnas yang dipunggawai pemain top liga eropa yang diprediksi mampu melaju ke babak berikutnya harus rela kehilangan tiket 16 besar, di antaranya, Uruguay, Belgia dan Meksiko juga Jerman. (cuy/dbs)

Halaman:

Editor: Suryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X