• Sabtu, 28 Mei 2022

13 Tahun Buron Kasus Korupsi, Mantan Anggota DPRD Garut Akhirnya Ditangkap

- Jumat, 10 September 2021 | 14:48 WIB
Petugas Kejari Garut menggiring MS (rambut putih), mantan anggita DPRD Garut yang terlibat kasus korupsi anggaran perjalanan dinas dan mamin tahun anggaran 2001-2004. Sebeumnya MS sempat buron selama 13 tahun.  ((Kabar Priangan/Aep Hendy))
Petugas Kejari Garut menggiring MS (rambut putih), mantan anggita DPRD Garut yang terlibat kasus korupsi anggaran perjalanan dinas dan mamin tahun anggaran 2001-2004. Sebeumnya MS sempat buron selama 13 tahun. ((Kabar Priangan/Aep Hendy))

REALITA PUBLIK,- 13 Tahun menjadi buronan keterlibatan atas kasus tindak pidana korupsi, (MS) mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut akhirnya berhasil ditangkap jajaran kejaksaan Negeri (Kejari) Garut.

"Hari ini kami berhasil menangkap seorang DPO yang sudah 13 tahun buron. Ia mantan anggota DPRD Garut berinisial MS yang sebelumnya terlibat kasus korupsi," kata Kajari Garut Neva Sari Susanti, Kamis (09/09/2021).

Dijelaskan Neva Sari Susanti, DPO (daftar pencarian orang) berinisial MS ditangkap dari rumahnya di kawasan Kecamatan Pangatikan pada Kamis 9 September 2021 sore. MS terlibat dalam kasus korupsi anggaran makan minum dan perjalanan dinas di lingkungan DPRD Garut tahun anggaran 2001-2004 lalu.

Baca Juga: Target 37 Juta Vaksinasi Warga Jabar, Dishub Gelar Vaksinasi Bagi Pelaku Transportasi

Sebelumnya MS dinyatakan bersalah berdasarkan hasil sidang saat itu, divonis 3 Tahun dan harus menjalani hukuman akan tetapi ia malah kabur sehingga masuk DPO Kejari Garut selama 13 tahun.

Diakui Neva, penangkapan ini terjadi setelah pihaknya mendapatkan informasi jika MS saat ini sedang berada di rumahnya di kawasan Kecamatan Pangatikan.

Tim Intel yang dipimpin langsung Kasi Intel, Slamet Haryadi dan Kasipidusu Ariyanto langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengintaian dan memang MS diketahui ada di rumahnya sampai akhirnya hari ini dilakukan penangkapan.

Baca Juga: Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dana Hibah Covid 19 Senilai 15 Miliar, Polda Aceh Lakukan Penyelidikan

Sebelum melakukan penangkapan, juga telah mengecek kadaluarsa untuk pelaksanaan putusan hukumannya yang memang masih bisa dilaksanakan terhadap terdakwa karena ancaman hukumannya di atas 3 tahun. Dengan demikian Daluarsa untuk pelaksanaan putusannya 12 tahun plus sepertiganya jadi bisa 16 tahun.

Neva mengungkapkan, MS dijerat tindak pidana korupsi anggaran perjalanan dinas, uang rapat komisi dan makan minum (mamin) di lingkup DPRD Garut tahun anggaran 2001-2004.

Halaman:

Editor: Cuya

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Terkini

X