• Minggu, 2 Oktober 2022

Tak Penuhi Unsur Pidana, Hakim PN Karawang Vonis Bebas Warga Korea Chaeil Yang

- Sabtu, 6 November 2021 | 18:37 WIB
Majelis hakim Pengadilan Negeri Karawang Kelas 1B, Kabupaten Karawang menjatuhkan vonis bebas terhadap Terdakwa warga negara Korea Mr. Chaeil Yang (Sumber Foto: Bedanews)
Majelis hakim Pengadilan Negeri Karawang Kelas 1B, Kabupaten Karawang menjatuhkan vonis bebas terhadap Terdakwa warga negara Korea Mr. Chaeil Yang (Sumber Foto: Bedanews)

REALITA PUBLIK– Warga negara Korea Mr. Chaeil Yang mendapatkan vonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Karawang Kelas 1B, Kabupaten Karawang, pada Jumat (5/11/2021).

Chaeil Yang sebelumnya didakwa telah melakukan penipuan terhadap direktur PT. Seongeun Musik Mr. Um Young Cheon. Majelis hakim memutuskan vonis bebas terhadap Chaeil Yang karena apa uang didakwakan tidak ada unsur pidana.

“Menyatakan terdakwa Mr. Chaeil Yang, terbukti telah melakukan perbuatan yang didakwakan tetapi bukan merupakan tindakan pidana. Melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum (ontslag van alle rechts ver volging),” demikian amar putusan yang disampaikan majelis hakim.

Baca Juga: Nekat Ancam Bakar Sang Ayah, Gara-Gara Tak Diberi Uang Untuk Mabuk Lem

Selain itu, majelis hakim yang dipimpin Dwinata Estu Dharma, S.H., M.H., dengan anggota Melda Lolyta Sihite, S.H., M.Hum., dan Seti Handoko, S.H., M.H., dalam putusannya juga memutus memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat dan martabat.

Terdakwa yang merupakan direktur utama PT. White Music itu sebelumnya didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Karawang dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan atas transaksi jual beli sparepart dengan PT. Seongeun Musik.

Direktur PT. White Music Mr. Chaeil Yang, dianggap tidak memenuhi kewajibannya atas transaksi jual beli sparepart oleh direktur PT. Seongeun Musik Mr. Um Young Cheon, sehingga Mr. Um Young Cheon melanjutkan permasalahannya lewat jalur hukum.

Baca Juga: Buronan Kasus Penipuan Ratusan Miliar Berhasil Ditangkap Bareskrim Polri

Dalam persidangan, terungkap bahwa Mr. Chaeil Yang selaku Direktur PT. White Music telah memenuhi sebagian kewajibannya.

Namun selama masa persidangan, JPU tidak bisa menghadirkan Mr. Um Young Cheon selaku direktur PT. Seongeun Musik untuk dimintai kesaksian dimuka persidangan, walaupun telah diberikan waktu beberapa kali oleh majelis hakim.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Terkini

Rektor Unila Ditangkap KPK, Diduga Terima Suap

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 20:15 WIB
X