Sasar Kalangan Milenial, Syamsul Bachri Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di SMAN 1 Kroya

- Selasa, 14 Desember 2021 | 22:01 WIB
Syamsul Bachri sosialisasikan 4 pilar kebangsaan di SMAN 1 Kroya Indramayu (Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan )
Syamsul Bachri sosialisasikan 4 pilar kebangsaan di SMAN 1 Kroya Indramayu (Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan )

INDRAMAYU, Realitapublik.com,-- Anggota DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Indramayu, Selasa (14/12/2021).

Dihadapan Guru dan siswa Kelas XII SMAN 1 Kroya, Syamsul Bachri menjelaskan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan empat pilar kebangasaan yaitu untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat Kabupaten Indramayu khususnya kalangan pelajar atau kaum milenial.

Empat (4) Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika), kata Syamsul dihadapan peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Baca Juga: Kabar Duka, Wali Kota Bandung Meninggal Dunia

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Jabar XII (kab/kota Cirebon –Kab Indramayu mengatakan, beberapa tahun belakangan ini, rasa nasionalisme dan kejiwaan masyarakat terhadap 4 pilar kebangsaan semakin berkurang . Memang banyak faktor yang menyebabkannya. Pergeseran nilai budaya, masuknya pengaruh luar yang cukup kuat. Bahkan, yang lebih memprihatinkan selain kondisi saat ini banyak yang tidak hafal poin-poin dari Pancasila.

anggota DPRD Jabar H Syamsul Bachri (Sosialisasi 4 pilar kebangsaan)

Yang cukup memprihatinkan kata mantan Ketua PDC PDIP Kabupaten Indramayu ini, alih-alih untuk mengimplementasikan di lingkungan masyarakat, bahkan setidaknya mengetahui atau hafal secara lisan pun masih banyak yang belepotan. Inilah yang perlu ditanamkan dalam lingkungan sosial masyarakat.

Secara harfiah, sebelum mengimplementasikan, harus mengetahui terlebih dulu apa saja poinnya. Karena itu, sosialisasi 4 pilar perlu diperkenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat. Terutama kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif, ujar Syamsul Bachri yang duduk di Komisi II DPRD Jabar ini.

Baca Juga: Syamsul Minta Pemerintah Kaji Ulang Tatakelola Pupuk Subsdidi dan Buat Standard Harga Gabah

Lebih lanjut politisi PDIP Jabar ini mengatakan, bahwa  kegiatan sosialisasi  Empat Pilar Kebangsaan, sudah cukup lama dilaksanakan oleh seluruh anggota DPR RI dan MPR RI termasuk juga DPD.  Namun, bagi DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota  baru beberapa kali dilaksanakan. Untuk itu, Syamsul mengajak semua elemen masyarakat khususnya masyarakat Indramayu terutama kalangan milenial untuk memahami dan mewujudkan tegaknya 4 pilar kebangsaan ini.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tedy Rusmawan Ajak Warga Manfaatkan Forum Musrenbang

Senin, 6 Februari 2023 | 14:31 WIB

Bapemperda Minta OPD Matangkan 4 Usulan Raperda

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

KPU Kota Bandung Lantik 453 Orang PPS

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:26 WIB

Komisi B DPRD Sambut Kunjungan HMI Kota Bandung

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:05 WIB
X