• Sabtu, 28 Mei 2022

Miliki Potensi EBT Berlimpah, Pansus VIII Konsultasi ke Kementerian ESDM

- Kamis, 20 Januari 2022 | 19:43 WIB
Pansus VIII DPRD Jabar saat konsultasi ke Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM di Jakarta (Suryadi/ husein)
Pansus VIII DPRD Jabar saat konsultasi ke Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM di Jakarta (Suryadi/ husein)

JAKARTA, Realitapublik.com -- Pansus VIII DPRD Provinsi Jawa Barat yang sedang membahas Raperda Migas Hulu Jabar terus menjaring informasi dan masukan terkait Energi Baru Terbarukan (EBT). Salah satunya berkonsultasi ke Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Jakarata. 

Anggota Pansus VIII DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA membenarkan bahwa kemarin, Pansus VIII telah melakukan rapat kerja dengan Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM

Kedatangan Pansus VIII untuk berkonsultasi, mencari informasi dan minta masukan dari Kementerian ESDM terkait potensi Energi Baru yang dimiliki oleh Jabar untuk dapat dikembangkan lebih baik lagi, ujar Syamsul saat dihubungi, Kamis (20/01/2022).

Baca Juga: Bahas 6 Ranperda, Bapemperda DPRD Jabar Raker Dengan Biro Hukum Pemprov Jabar

Dikatakan, Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang berlimpah. Namun, oleh Negara pada tahun 2022ini baru di eksploitasi sekitar 11 persen.

Untuk itu, Pansus VIII DPRD Jabar, berkonsultasi ke Kementerian ESDM melalui Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, agar potensi Energi Baru yang dimiliki Jabar dapat dikembangkan dan dimaksimalkan oleh BUMD PT.Migas Ulu Jabar.

Syamsul menambahkan, dalam mengembangkan Energi Baru di Jabar memang masih terdapat resistensi yang cukup besar. Untuk itu, masukan dari Kementerian ESDM sangat pentingsebagai referensi bagi Pansus VIII dalam membahas substansi pasal per pasal yang disusun dalam Raperda Migas Hulu Jabar ini.

Baca Juga: Gali Informasi dan Masukan, Pansus VIII DPRD Jabar Study Banding ke Pemdaprov Jateng

Politisi PDIP Jabar ini berharap, kedepan potensi besar Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dimiliki oleh Provinsi Jabar menjadi salah satu alternatif energi untuk mengganti energi-energi fosil dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pancasila Mencegah Polemik Dalam Bernegara

Jumat, 20 Mei 2022 | 09:36 WIB
X