• Selasa, 9 Agustus 2022

Pentingnnya 4 Pilar Kebangsaan Bagi Generasi Muda Dalam Menangkal Arus Modernisasi

- Senin, 4 April 2022 | 23:20 WIB
Anggota DPRD Jabar H. Symasul Bachri, SH, MBA melakukan sosialisasi 4 pilar  kebangsaan di Desa Palimanan Barat  Kec. Gempol Kab. Cirebon.  (ist)
Anggota DPRD Jabar H. Symasul Bachri, SH, MBA melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Desa Palimanan Barat Kec. Gempol Kab. Cirebon. (ist)

CIREBON, Realitapublik.com,-- Anggota DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Palimanan Barat Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon.

Syamsul Bachri menjelaskan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan empat pilar kebangasaan yaitu untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat Kecamatan Gempol Kabuapten Cirebon, khususnya kalangan Pemuda atau kaum milenial terutama yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Palimanan Barat dan Warga Gempol.

Empat (4) Pilar Kebangsaan sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika), kata Syamsul dihadapan peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Baca Juga: Madrasah Aliyah di Jabar Mendapatkan Bantuan yang sama dengan SMA dan SMK

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Jabar XII (kab/kota Cirebon –Kab Indramayu) mengatakan, beberapa tahun belakangan ini, rasa nasionalisme dan kejiwaan masyarakat terhadap 4 pilar kebangsaan semakin berkurang .

Memang banyak faktor yang menyebabkannya. Pergeseran nilai budaya, masuknya pengaruh luar yang cukup kuat terutama cukup kuatnya arus modernisasi . Bahkan, yang lebih memprihatinkan selain kondisi saat ini banyak yang tidak hafal poin-poin dari Pancasila.

Untuk itu, kita dari DPRD Jabar setiap bulan melakukan kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan kepada kalangan pelajar, generasi muda atau kaum milenial. Hal ini karena kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif, ujar Syamsul Bachri yang duduk di Komisi II DPRD Jabar ini.

Baca Juga: Program Desa Digital Untuk Maningkatkan Kesejahteraan dan Perkonomian Masyarakat Desa

Lebih lanjut politisi PDIP Jabar ini mengatakan, Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang besar, multi etnis maupun suku serta berbagai macam profesi ada di sini. Tentunya dengan kondisi yang sangat beragam inilah yang akan rawan menimbulkan perpecahan dan perselisihan," ucapnya.
"Maka nilai-nilai toleransi dan pengetahuan tentang keagamaan adalah penguatan terhadap kebhinekaan dalam menjaga keutuhan NKRI. Untuk itu, kegiatan sosialisasi pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan perlu untuk digalakan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X