• Rabu, 7 Desember 2022

90 Persen Warga Kota Bandung Taat Bayar Pajak

- Kamis, 14 April 2022 | 12:11 WIB
Keren,  90 Persen Warga Kota Bandung Taat Bayar Pajak
Keren, 90 Persen Warga Kota Bandung Taat Bayar Pajak

REALITA PUBLIK,- Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung II Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat, Ade Sukalsah menyebut tingkat kepatuhan warga Kota Bandung terhadap pajak cukup tinggi.

Tingkat ketaatan mencapai 90 persen warga Kota Bandung. Artinya hanya 10 persen warga yang menunggak pajak, dan menjadi wilayah paling rendah penunggak pajak di Jawa Barat.

"Rata-rata yang menunggak itu ada 10 persen. Sudah bisa dibilang Kota Bandung ini tingkat taat pajaknya bagus. Malah paling kecil (penunggaknya) se-Jawa Barat," kata Ade saat bersilaturahmi ke Balai Kota Bandung, Senin, (11/4/2022).

Untuk meningkatkan sadar pajak di Kota Bandung, Ade menjelaskan beberapa langkah yang telah diambil Bapenda Jabar. Salah satunya kembali melakukan penelusuran door to door melalui operasi gabungan dan operasi terpadu.

Baca Juga: Rampingkan Birokrasi, Pemkot Bandung Lantik 28 Pejabat Fungsional

"Layanan juga kita tambah, lewat Mal Pelayanan Publik (MPP), ada juga Gerai Pelayanan Publik (GPP). Kegiatan insidental seperti samsat sore juga kita lakukan. Seluruh kegiatan intensifikasi ini untuk mengurangi tunggakan yang terjadi," paparnya.

Ade mengaku juga telah bekerja sama dengan seluruh kecamatan di Kota Bandung. Sehingga penelusuran bisa dilakukan sampai ke wilayah-wilayah terpencil.

"Penelusuran ini juga didukung dengan perangkat Samsat Gendong. Itu perangkat dengan tas digendong sambil naik motor untuk masuk ke daerah pelosok-pelosok yang sulit diakses samsat mobil," jelas Ade.

Beberapa pajak yang ditarik Bapenda Jabar di antaranya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Baca Juga: Pemkot Bandung dan Inggris akan Jajaki Kerjasama di Empat Bidang

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X