Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi, Komisi II Minta Pelaku UMKM di Jabar Melek Digital

- Sabtu, 23 April 2022 | 23:48 WIB
H.Syamsul Bachri SH, MBA, anggota Komisi II DPRD Jabar dari fraksi PDIP (ist)
H.Syamsul Bachri SH, MBA, anggota Komisi II DPRD Jabar dari fraksi PDIP (ist)

BANDUNG, Realitapublik.com,-- Selama dua tahun Pandemi covid-19, berdampak luar biasa terhadap pelaku usaha UMKM. Untuk itu pemerintah melalui program Pemulihan Eonomi Nasional (PEN) di tahun 2022 ini  telah telah menyiapkan anggaran cukup besar.

Ada triliunan anggaran yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat melalui program PEN, bahkan ratusan miliar juga disiapkan oleh pemerintah provinsi dan Kabupaten/kota guna melindungi, mempertahankan  dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku UMKM agar usahaya jalan kembali.   

Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA mengatakan, selama pandemi, ada ratusan bahkan ribuan pelaku UMKM di Jabar yang tidak dapat beraktivitas dan berproduksi. Padahal sebagai mana ita ketahui bahwa kebaradaan UMKM memberikan kontribusi pada perekonomian masyarakat  dan pendapatan daerah maupun nasional.

Baca Juga: Inovasi BUMD Mandek, DPRD Kota Bandung Minta internal Perusahaan Berbenah

Untuk menggeliat kembali perekonomian  masyarakat , pemerintah memberikan perhatian khusus bagi pelaku UMKM dengan memberikan pinjaman/ kredit kepada pelaku UMKM dengan bunga yang relative kecil. Bahkan di Jabar sendiri, Komisi II bersama pemprov Jabar telah menganggarkan sejumlah anggaran  stimulus dalam APBD  Jabar 2022 yang diperuntukan bagi pelaku UMKM.

Hal ini dikatakan, Syamsul Bachri saat diminta tanggapannya terkait  percepatan pemulihan ekonomi daerah seiring dengan semakin menurunnya kasus covid-19, Sabtu (23/04/2022).

Dikatakan, politisi PDIP Jabar ini, pemberian stimulus dan pinjaman lunak dari perbankan kepada para pelaku UMKM Jabar, hendaknya dimanfaatkan untuk  menghidupkan kembali usaha dan juga pengembangan usahanya.

Baca Juga: Susun Raperda Penyelenggarakan Kepariwisataan, Komisi II Raker dengan Disparbud Jabar

Namun Syamsul juga meminta kepada pemerintah melalui OPD terkait (Dinas Koperasi dan UKM , Dinas Perindag Jabar)  agar para pelaku UMKM diberikan pelatihan pengembangan usaha. Baik itu, peingkatan kualitas produksi, SDM maupun pemasaran hasil produksi.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tedy Rusmawan Ajak Warga Manfaatkan Forum Musrenbang

Senin, 6 Februari 2023 | 14:31 WIB

Bapemperda Minta OPD Matangkan 4 Usulan Raperda

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

KPU Kota Bandung Lantik 453 Orang PPS

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:26 WIB

Komisi B DPRD Sambut Kunjungan HMI Kota Bandung

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:05 WIB

Terpopuler

X