• Selasa, 28 Juni 2022

Meningkatkan Produktifitas, Komisi II Dorong Dinas TPH Jabar Terus Berinovasi Bidang Pertanian

- Kamis, 19 Mei 2022 | 19:51 WIB
Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDIP  (ist)
Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDIP (ist)


INDRAMAYU, Realitapublik.com,-- Komisi II DPRD Jawa Barat terus mendorong Pemerintah Provinsi Jabar melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) untuk terus melakukan kajian dan berinovasi dalam bidang pertanian, agar dapat meningkatkan hasil produktifitas pertanian.

Menurut anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA, bahwa provinsi Jabar memiliki potensi besar di sector pertanian. Bahkan sudah sejak puluhan tahun lalu, Jabar sebagai penyokong terbesar kebutuhan ketahanan pangan Indonesia, terutama beras.

Namun seiring dengan perkembangan kemajuan pembangunan, kini lahan produktif pertanian di Jabar semakin berkurang karena alih fungsi lahan. Ada yang menjadi komplek perumahan, pertokoan, pabrik maupun lainnya. Sehingga Lahan Baku sawah (LBS) dan Lahan Sawah yang Dilindungi (LSD) juga turut terkikis.

Baca Juga: Syamsul Bachri : 4 Pilar Kebangsaan Pondasi Dalam Mempertahankan Keutuhan NKRI

Provinsi Jabar memiliki LBS seluas 1.028.210,60 ha dan LSD seluas 878.587,73 ha. Dari sana muncul angka Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) per 31 Desember 2021 seluas 718,406,47 ha. Setelah updating, angkanya berubah menjadi 730.898,31 ha. Mampukah angka tersebut dipertahankan?.

Mempertahankan angka LP2B di Jabar, rasanya sangat sulit, hal ini kenyataan dilapangan sudah banyak lahan tergerus dan banyak pula Proyek Strategis Nasional (PSN) masuk ke Jabar. Padahal, setiap pembangunan berskala besar pasti membutuhkan lahan yang relatif besar pula. Ditambah lagi dengan alih fungsi lahan.

Demikan dikatakan anggota Komisi II DPRD Jabar, Syamsul Bachri saat diubungi melelui telepon selulernya, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Antisipasi PMK, Komisi II Minta Pemprov Jabar Perketat Arus Masuk Hewan di Check Point

Guna mengantisipasi semakin tergerusnya lahan pertanian, maka Komisi II DPRD Jabar mendorong kepada pihak Dinas TPH Jabar beserta jajarannya, terutama UPTD Balai Benih Padi dan Palawija untuk terus berinovasi di bidang pertanian.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kajian Tematik 'Hidupku Jariyahku'

Senin, 27 Juni 2022 | 13:52 WIB

DLH Jabar Bisa Tiru Sumsel Urus Persoalan Tanah

Rabu, 22 Juni 2022 | 00:20 WIB

Menanti Kiprah ICMI Kota Bandung

Senin, 20 Juni 2022 | 20:08 WIB
X