• Senin, 3 Oktober 2022

Mendongkrak Kunjungan Wisatawan Melalui Pentas Seni Budaya Bernuansa Kearifan Lokal

- Selasa, 21 Juni 2022 | 00:03 WIB
Anggota Komisi II DPRD Jabar Ir.H.Herry Dermawan  (ist)
Anggota Komisi II DPRD Jabar Ir.H.Herry Dermawan (ist)

BANDUNG, Realitapublik.com,-- Selama pandemi covid-19, kondisi pelaku seni-budaya khusus di Jawa Barat dalam kondisi mati suri. Hal ini dikarenakan hampir tidak ada pentas seni budaya yang ditampilkan atau manggung. Padahal Seni Budaya merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang dan menyaksikan.

Namun, kini seiring dengan semakin melandainya pandemi covid-19, kini pelaku seni budaya mulai bergairah lagi. Kini beberapa objek wisata di Jawa Barat, mulai mengundang para pelaku seni budaya untuk tampil dalam mengisi berbagai even kepariwisataan.

Anggota Komisi II DPRD Jabar, Ir.H.Herry Dermawan membanarkan , bahwa selama pandemi covid-19 para pelaku seni budaya mengalami mati suri. Karena sangat sepi orderan untuk tampil atau manggung. Ahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, para pelaku seni budaya terpaksa kerja serabutan.

Baca Juga: Pelatihan Tenaga Kerja Diharapkan Bisa Meningkatkan Kesejahteraan Warga

Namun, kini para pelaku seni kembali bergairah, seiring dengan mulai menggeliatnya perekonomian nasional dan daerah dengan ijinkannya berbagai event kepariwisataan, baik nasional, Regional maupun lokal.

“event kepariwisataan tanpa kehadirian para pelaku dan pertunjukan seni budaya, bagaikan sayur tanpa garam, karena pertunjukan seni budaya merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk hadir dan menyaksikan pertunjukannya”, kata Herry Dermawan saat dihubungi belum lamaini.

Dikatakan, Politisi PAN Jabar ini, setiap daerah di kabupaten /kota di Jabar memiliki berbagai seni budaya yang mencrikan kekhasan sebagai kearifan lokal.

Baca Juga: Perkuat Ekonomi Kreatif, Pemkot Bandung Membentuk Komite Penataan dan Pengembangan Ekraf

Untuk itu, Komisi II DPRD Jabar yang salah satunya membidangi Kepariwisataan tentunya sangat mendorong agar seluruh pelaku Seni Budaya yang ada di daerah harus dibina, dikembangkan dan dijaga kelestariannya sebagai kekayaan budaya sebagai karakter bangsa, ujarnya.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Herry Dermawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Optimalkan BIAN, Puskesmas Neglasari Vaksin Door to Door

Kamis, 29 September 2022 | 20:09 WIB

Pinleg 2024, PAN Menargetkan Raih 12 Kursi di DPRD Jabar

Kamis, 22 September 2022 | 22:37 WIB

Sejumlah Reklame Ilegal di Kota Bandung Ditertibkan

Kamis, 22 September 2022 | 14:24 WIB
X