Weni Berharap Calon Jamaah Haji Jabar tahun 2023 Berangkat dan Pulang dari BIJB Kertajati

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Weni Dwi Aprianti, S.AB anggota Komisi V DPRD Jabar dari FPDIP (ist)
Weni Dwi Aprianti, S.AB anggota Komisi V DPRD Jabar dari FPDIP (ist)

BANDUNG, Realitapublik.com,--  Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Weni Dwi Aprianti, S.AB berharap pemberangkatan calon jamaah  haji dan kepulangan haji asal Jabar  1444 Hijriyah  atau tahun 2023 dari Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka.

BIJB Kertajati sebenar sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama RI  pada tahun 2020 lalu, sebagai salah satu Bandara embarkasi  untuk pemberangkatan dan kepulangan jamaah Haji asal Jabar. Namun, hingga musim haji 2022 lalu belum terealisasi juga.

Musim Haji 2020 dan 2021, Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji karena kasus pandemic covid-19 lagi tinggi dan juga Negara Arab memang tidak membuka kouta haji.  Namun, pada musim haji  tahun 2022, BIJB Kertajati batal sebagai embarkasi  karena sarana-prasarana pendukung masih kurang atau fasilitas penunjang Bandara belum memadai.

Baca Juga: Terinspirasi Semangat Pahlawan, Lawan Pandemi Covid-19

“Sebuah bandara Internasional yang bisa digunakan untuk embarkasi haji itu tak cukup hanya punya hangar, landasan dan pemandu lalu lintas udara. Butuh ruang transit, asrama haji, hotel, failitas kesehatan dan  dan lain-lain”.

Demikian dikatakan  Weni Dwi Aprianti saat dihubungi terkait harapan kedepan keberadaan BIJB Kertajati menjadi Bandara embarkasi pemberangkatn dan kepulangan haji, Selasa (23/8/2022).

 Dikatakan beberapa waktu  lalu,  Pimpinan dan anggota Komisi V  DPRD Jabar mengunjungi BIJB Kertajati,  untuk mengetahui sejauh mana pihak Pemprov Jabar  melalui  otoritas pengelolaan BIJB Kertajati  yang akan dipersiapkan menjadi embarkasi Haji dan Umrah kedepannya.

Baca Juga: Komisi V DPRD Jabar Minta Dinas Pendidikan Memaksimalkan SMK Pariwisata

Adapun terkait,  Asrama Haji,  DPRD Jabar telah menyetujui anggaran pembangunannya, dan saat ini tengah dikerjakan.  Sedangkan fasilitas ruang transit dan ruang kesehatan juga tengah dipersiapkan. 

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Weni Dwi Aprianti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tedy Rusmawan Ajak Warga Manfaatkan Forum Musrenbang

Senin, 6 Februari 2023 | 14:31 WIB

Bapemperda Minta OPD Matangkan 4 Usulan Raperda

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

KPU Kota Bandung Lantik 453 Orang PPS

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:26 WIB

Komisi B DPRD Sambut Kunjungan HMI Kota Bandung

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:05 WIB

Terpopuler

X