• Senin, 28 November 2022

Buruan SAE Membentuk Budaya Baru Pengelolaan Sampah

- Sabtu, 10 September 2022 | 20:45 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengunjungi Buruan SAE di Kelurahan Pajajaran, Bandung (IST)
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengunjungi Buruan SAE di Kelurahan Pajajaran, Bandung (IST)

REALITA PUBLIK,- Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., dan Anggota DPRD Kota Bandung Khairullah, S.Pd.I., mengunjungi Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis) di Kelurahan Pajajaran, Bandung, Selasa (6/9/2022).

Tedy Rusmawan mengapresiasi terbentuknya ekosistem Buruan SAE di Kelurahan Pajajaran, yang dulu diawali oleh seorang warga yang merupakan polisi aktif bernama Wawan. Ia berhasil menjadi inspirasi warga sekitar dan terus menumbuhkan animo dari warga.

Buruan SAE yang berada di atas Sungai Cipedes ini mendapat perhatian penuh dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung sehingga terus berkembang.

Baca Juga: Temui Massa Aksi, Empat Fraksi DPRD Jabar Sepakat desak Pemerintah Batalkan Kenaikan BBM bersubsidi

Buruan SAE yang terbangun di atas panel baja ringan sepanjang 400 meter ini ikut melahirkan budaya baru di tengah warga.

Warga yang dulunya terbiasa bebas membuang sampah ke sungai saat ini merasa malu untuk melakukan hal serupa. Sebab, ada banyak tanaman yang dirawat oleh warga sekitar.

“Tentunya hal ini menjadi inspirasi untuk kita semua. Lahan yang terbatas tidak mengurangi semangat untuk kita melakukan sesuatu. Kita menanam, menghijaukan lingkungan. Positif tentunya dari berbagai sisi,” kata Tedy.

Baca Juga: Konsep Urban Farming Buruan Sae Kota Bandung Dilirik Dunia Internasional

Di tempat itu, terdapat macam tanaman herbal, sayuran, hingga tanaman hias, yang semakin hari semakin berkembang serta memunculkan banyak inovasi baru.

“Barusan saya mencicipi ada tanaman yang diubah menjadi teh yang sudah diproduksi oleh warga di sini untuk dijual,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X