• Minggu, 2 Oktober 2022

Bahas Raperda Perubahan APBD 2022, Komisi II Kunjungi BPTPH di Ciganitri

- Jumat, 23 September 2022 | 10:23 WIB
Pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Jabar rakor dgn BPTPH di Ciganitri (ist)
Pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Jabar rakor dgn BPTPH di Ciganitri (ist)

BANDUNG, Realitapublik.com,-- Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kunjungan kerja ke Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) di Ciganitri dalam rangka Pembahasan Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 Yang Bertempat di Ruang rapat di BPTPH Ciganitri Kab Bandung.

Anggota Komisi II H.Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan membenarkan,bahwa pada Rabu, 21 September 2022 kemarin, Komisi II melakukan kunjungan kerja ke Balai PTPH di Ciganitri. Kunjungan tersebut, untuk membahas usulan program dan permasalahan yang ada di Balai, agar dapat ditindak lanjuti saat pembahasan Raperda Perubahan APBD Jabar 2022.

Walaupun saya sendiri tidak ikut karena dalam waktu bersamaan ada kegiatan lain, namundalam pertemuan tersebut, pihak Balai menyampaikan terkait sering terjadi kelangkaan pupuk dan kekurangan bibit unggul yang dibutuhkan oleh para petani. Hal ini, tentunya pihak Balai tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

Baca Juga: DPRD Jabar Sepakati Anggaran Program 10.000 Unit Rutilahu Tahun 2023

Atas permasalahan tersebut, Komisi II DPRD Jabar akan mendorong Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar dan jajaran balai dibawahnya agar pada Perubahan ABPD Jabar 2022 dapat menyampaikan permasalhan dan mengusulkan program kerja termasuk anggaran yang dibutuhkan. Hal ini agar peran balai dapat memberikan pelayanan maksimal yang dapat dirasakan oleh parapetani.

Dikatakannya, sebenarnya dalam setiap pembahasan dan penyusunan anggaran, Komisi II terus mendorong Pemprov Jabar melalui TAPD agar sector perekonomian mendapatkan penambahan alokasi anggaran. Terutama untuk sector pertanian, kata Syamsul saat dihubungi , Jum’at (22/9/2022).

Dikatakan, bahwa sektor pertanian menjadi sektor utama pendorong perekonomian selama dua tahun pandemi covid-19. Dan kini kondisi mulai membaik, untuk itu Komisi II mendorong mendorong peningkatan perekonomian.

Baca Juga: Komisi II DPRD Jabar Menilai Kinerja Pelayanan Pengawasan Pantai Selatan Belum Optimal

Pihaknya (Komisi II-red) akan terus mendorong anggaran sektor pertanian yang sampai saat ini menunjukan laju pertumbuhan ekonomi yang positif, ujar politisi Partai Gerindra Jabar ini.

Anggota Legislatif Jabar dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini mengatakan, Kami akan mendorong anggaran di sektor pertanian untuk bisa naik sampai lima persen dari APBD setiap tahunnya, minimal untuk 2022 dan 2023. Ini akan bisa mendorong perekonomian secara keseluruhan, karena sektor pertanian masih sangat positif laju pertumbuhannya ketika kondisi pandemi sekalipun"pungkasnya. (Adip/Yad/sein).

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X