• Senin, 28 November 2022

Optimalkan BIAN, Puskesmas Neglasari Vaksin Door to Door

- Kamis, 29 September 2022 | 20:09 WIB
Petugas nakes Puskesmas Neglasari sedang menyuntikan imunasasi kepada seorang balita  (ist)
Petugas nakes Puskesmas Neglasari sedang menyuntikan imunasasi kepada seorang balita (ist)

 

BANDUNG, Realitapublik.com,-- Untuk melayani secara maksimal kebutuhan imunisasi anak usia 5-59 bulan, seluruh puskesmas di Kota Bandung secara serentak melakukan pelayanan door to door. Salah satunya UPT Puskesmas Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kamis, 29 September 2022.

Sebayak tiga tim yang terdiri dari sembilan orang tersebar ke beberapa titik lokasi. Kali ini lokasi yang menjadi fokusnya adalah Kelurahan Sukaluyu.

"Hari ini kegiatan door to door dilakukan di Sukaluyu RW 02, 04, 05, 09, 10, dan 11," ujar Kepala UPT Puskesmas Neglasari, drg. Laksmi Dewi A.

Dewi menjelaskan, UPT Puskesmas Neglasari melayani kesehatan untuk tiga kelurahan di Cibeunying Kaler, antara lain Sukaluyu, Neglasari, dan Cihaurgeulis.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan dan Semangat Olahraga Masyarakat, Melalui Kompetisi di Tingkat Wilayah

Berdasarkan data aktif yang dimiliki Puskesmas Neglasari, capaian vaksin Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kelurahan Neglasari telah tercapai 81 persen.

"Lebih dari 1.000 anak menjadi sasaran vaksin dalam program BIAN di Neglasari. Alhamdulillah sudah 81 persen. Hari ini kita fokuskan menyisir Kelurahan Sukaluyu secara door to door," ucapnya.

Ia menjelaskan, sebelum kegiatan, ibu-ibu kader di tiap RW juga membantu para tenaga kesehatan (nakes) untuk memberikan data terbaru. Sehingga bisa lebih memudahkan proses vaksin dari rumah ke rumah.

Dewi mengakui risiko Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) rentan terjadi. Namun, pihaknya tetap menjalankan sesuai dengan SOP yang ada.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Humas Pemkot Bandung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X