• Senin, 28 November 2022

Proyek Pembangunan Rumah Deret Tamansari Diduga Sarat KKN

- Minggu, 13 November 2022 | 21:02 WIB
Plang pekerjaan Rumah Deret Tamansari (Foto : matakota)
Plang pekerjaan Rumah Deret Tamansari (Foto : matakota)

REALITA PUBLIK,- Memasuki tahap ketiga, pembangunan Rumah Deret (Rudet) Tamansari diduga memunculkan sederet permasalahan. Dugaan terjadinya tindakan korupsi, mulai dari adanya temuan kelebihan bayar senilai Rp 3,5 miliar serta praktek KKN dalam menentukan pemenang tender pembangunan.

Dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan dari pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung dan pihak kotraktor dalam ini PT Global Karya Sejahtera Raya (GKSR).

Hal itu diungkapkan Agus Satria, Kabiro Investigasi Manggala Garuda Putih (MGP), berdasarkan laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun anggaran 2021, pembangunan Rumah Deret Tamansari tahap II yang dilaksanakan oleh PT GKSR terindikasi terjadi KKN.

Baca Juga: Pemberantasan Korupsi Bagian dari Komitmen DPRD Jabar Sukseskan Agenda Reformasi

"Yang mana pada pembangunan tahap kedua tersebut terjadi kelebihan pembayaran dari DPKP3 Kota Bandung kepada PT GKSR senilai Rp3,5 miliar lebih," ujarnya, Minggu (13/11/2022).

Indikasi dugaan praktek KKN juga terjadi pada pembangunan Rumah Deret Tamansari tahap III, dikarenakan pemenangnya kembali didapat oleh PT GKSR.

Menurutnya, pihak DPKP3 Kota Bandung ada persengkolan dengan pihak PT GKSR. Padahal berdasarkan laporan dari BPK, rumah deret tahap III ini menimbulkan kerugian Negara senilai Rp3,5 miliar lebih.

Baca Juga: Rumah Mewah Milik Mantan Ketua DPRD Jabar Disita Bareskrim Polri, Terjerat Kasus Dugaan TPPU

Selain itu berdasarkan temuanya ada beberapa spek yang tidak sesuai seperti beton dan yang lainya.

“Kami juga mengindikasikan perusahaan pemenang tender rumah deret yang bernilai Rp21 miliar lebih yang bersumber dari APBD Kota Bandung tahun 2022 tersebut, telah melakukan persekongkolan dengan pihak DPKP3 Kota Bandung,” ungkap

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X