• Senin, 28 November 2022

DPRD Jabar Setujui dan Kawal Anggaran Program Rutilahu Tahun 2023 Sebesar Rp.200 Milliar

- Jumat, 18 November 2022 | 09:32 WIB
Anggota DPRD Jabar  menijau pelaksanaan Rutilhu di Kab Cirebon (ist)
Anggota DPRD Jabar menijau pelaksanaan Rutilhu di Kab Cirebon (ist)



BANDUNG, Realitapublik.com,-- DPRD bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melanjutkan program Rumah Tidak Layak Huni (Rutiahu) pada tahun 2023. Hal ini karena program Rutilahu dapat dirasakan langsung oleh masyarakat penerima manfaat.

Dalam APBD Jabar T.A. 2023 telah disetujui anggaran sebesar Rp.200 miliar untuk membedah sebanyak 10.000 unit rumah yang tersebar di 27 Kab/kota se-Jabar . Warga Jabar yang akan dibedah rumahnya melalui program Rutilahu dianggarkan sebesar Rp.20 juta per unit rumah.

Anggota DPRD Jabar, H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan membenarkan bahwa DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar telah menyetujui untuk melanjutkan program Rutilahu untuk untuk tahun 2023.

Baca Juga: Masuk Tahap Lelang, DPRD Jabar Berharap TPPAS Legok Nangka Segera Beroperasi

Persetujuan melanjutkan program Rutilahu tersebut sudah tertuang dan disahkan dalam Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2023 yaitu sebesar Rp.200 miliar untuk 10 ribu unit rumah penerima manfaat.

“Setiap unit rumah warga yang akan dibedah dialokasikan anggaran sebesar Rp 20 Juta/ unit dari APBD Jabar 2023. Sehingga, anggaran seluruhnya untuk program Rutilahu 2023 yaitu Rp.20 juta X 10.000 = Rp.200 Miliar yang akan dibiayai dari APBD Jabar”, kata Syamsul Bachri saat dihubungi, Kamis (17/11/2022).

Dikatakan, persetujuan pengalokasian anggaran untuk lanjutkan program rutilahu sebagai tindak lanjut dari janji politik saat kampanye Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wagub Uu R Ulum, bahwa selama memimpin Provinsi Jabar, memprogramkan sebanyak 100.000 rumah tidak layak huni akan dibedah menjadi rumah layak huni.

Baca Juga: Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Syamsul Ajak Warga Sanca - Gantar Kab Indramayu Memahami Makna 4 Pilar

DPRD Jabar mendukung sekali Program Rutilahu guna membantu masyarakat agar dapat hidup di rumah yang layak huni, yaitu rumah ada pintalasi udara yang cukup, Sinar matahari masuk, dinding rumah tidak lembab, dan tidak tidak lagi beralaskan tanah tetapi dikasih ubin.

Dengan kondisi rumah layak huni, diharapkan masyarakat yang tinggal di dalam rumah tersebut dapat hidup sehat dan bersih, harapnya.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X