Diduga Sarat KKN, Akankah Pembangunan Rumah Deret Tamansari Bakal Dipantau Kajati Jabar?

- Kamis, 1 Desember 2022 | 15:41 WIB
Pembangunan Rumah Deret Tamasari Kota Bandung (Rudet)
Pembangunan Rumah Deret Tamasari Kota Bandung (Rudet)

REALITA PUBLIK,- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jabar, Asep N Mulyana dikabarkan akan melakukan pengecekan lapangan terkait adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jabar yang menyebut adanya kelebihan pembayaran Rp 3,5 miliar Pembangunan rumah deret (Rudet) Tamansari Tahap II.

Kabar tersebut disampaikan Agus Satria selaku Kabiro Investigasi Manggala Garuda Putih (MGP), Rabu (30/11/2022).

"Saya sudah komunikasi dengan beliau via pesan Whatsapp terkait kasus tersebut. Beliau menyebut akan langsung melakukan pengecekan ke lapangan,” ungkap Agus Satria.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Rumah Deret Tamansari Diduga Sarat KKN

Diketahui, pembangunan rumah deret Tamansari yang berlokasi di Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung wetan sudah memasuki tahap ke -3 dan disinyalir sarat dengan Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Diungkapkan Agus, berdasarkan temuan BPK pembayaran pembangunan rudet tahap II dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung kepada pihak kotraktor dalam ini PT Global Karya Sejahtera Raya (GKSR) ada kelebihan Rp 3,5 miliar yang mengakibatkan kerugian uang negara.

“Jumlah tersebut berdasarkan hitungan kumulatif adanya ketidaksesuaian matrial bangunan dengan spek yang sebenarnya,” jelasnya.

Namun yang lebih mengherankan uangkapnya, untuk pembangunan tahap III justru kembali dimenangkan oleh PT GKSR yang sudah jelas-jelas mengakibatkan kerugian uang negara Rp 3, milar.

Baca Juga: Anggota Komisi IV Klaim Program Rutilahu APBD Jabar di Kabupaten Bogor Sesuai Realisasi

“Ini kan aneh. Padahal dalam lelang tersebut pihak Kejati melakukan pendampingan. Harusnya kan memberikan masukan atau catatan akan adanya temuan BPK tersebut,” ucapnya tanpa menyebutkan kapan waktunya Kajati Jabar akan melakukan pengecekan ke lapangan.

Halaman:

Editor: Suryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tedy Rusmawan Ajak Warga Manfaatkan Forum Musrenbang

Senin, 6 Februari 2023 | 14:31 WIB

Bapemperda Minta OPD Matangkan 4 Usulan Raperda

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:26 WIB

KPU Kota Bandung Lantik 453 Orang PPS

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:26 WIB

Komisi B DPRD Sambut Kunjungan HMI Kota Bandung

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:05 WIB
X