• Minggu, 2 Oktober 2022

Syamsul Bachri Minta Pemerintah Memastikan Hewan Qurban Bebas PMK dan Dinyatakan Sehat

- Rabu, 22 Juni 2022 | 20:48 WIB
Sapi di kandang Sehat tidak terkena PMK  (ist)
Sapi di kandang Sehat tidak terkena PMK (ist)

BANDUNG, Realitapublik.com,-- Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan H. Syamsul Bachri, SH, MBA meminta agar pemerintah provinsi maupun Kabupaten/kota untuk melakukan permeriksaan dan memastikan kesehatan hewan qurban yang dijual untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1443H tidak terkena penyakit mulut dan kami (PMK).

Dengan adanya kepastian bahwa hewan Qurban seperti sapi, kerbau, dan kambing sehat dan bebas PMK akan membuat masyarakat yakin, bahwa hewan Qurban yang disembelih dan disalurkan kepada masyarakat benar-benar sehat dan aman untuk dikonsumsi.

“Kita harus memastikan bahwa daging Qurban yang akan dikonsumsi, daging yang benar-benar steril tidak terkena PMK”, kata Symasul Bachri. Jabar ini.

Baca Juga: Vaksin PMK Diutamakan untuk Sapi Berumur Panjang

Syamsul yang juga anggota Komisi II ini mengatakan, perayaan Hari Raya Qurban, sudah semakin dekat. Untuk itu, Kita di Komisi II DPRD Jabar yang membidangi ketahanan pangan dan peternakan, tentunya sangat mendorong dan mendukung pemerintah dalam menangani kasus PMK.

Menurutnya, jika persoalan penanganan PMK terkendala anggaran, Fraksi Gerindra mengusulkan agar dilakukan refocusing anggaran karena penanganan masalah tersebut perlu dilakukan dalam jangka pendek dan cepat.

“Sebab masalah PMK ini jika dilihat dari luas penyebaran yang sudah melanda di seluruh Kabupaten/kota se- Jabar, dan banyaknya hewan ternak yang terjangkit, harusnya sudah masuk dalam kategori darurat atau dikatakan pandemic PMK,” katanya.

Baca Juga: Susun Raperda RPPLH, Kementerian LHK RI Berikan Masukan Penting Ke Pansus VI DPRD Jabar

Dengan ditetapkan sebagai Pandemi PMK, tentunya pemerintah provinsi maupun kab/kota di Jabar dapat lebih focus dalam penanganan kasus PMK. Seluruh hewan yang terkena PMK harus segara diobati dan kandang-kandanya dilakuka penyemproan secara berkala.

Halaman:

Editor: Husein Widjaya

Sumber: Syamsul Bachri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X