• Kamis, 9 Desember 2021

Upaya Satgas Citarum Sektor 21 Kembalikan Kelestarian DAS Citarum di Wilayah Kota Cimahi dan Bandung

- Sabtu, 4 September 2021 | 11:37 WIB
Karya Bakti sungai jajaran satgas Citarum Sektor 21 di dua wilayah berbeda Subs 06 (atas) Subs 13 (Bawah) (cuya/realitapublik)
Karya Bakti sungai jajaran satgas Citarum Sektor 21 di dua wilayah berbeda Subs 06 (atas) Subs 13 (Bawah) (cuya/realitapublik)

REALITA PUBLIK,- Satgas Citarum Sektor 21 di bawah kepemimpinan Kol Arm Nursamsudin terus melakukan upaya normalisasi DAS Citarum di tiga wilayah, Kota Cimahi, sebagian Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

Dengan menitikberatkan kolaborasi dan pendekatan kewilayahan, prajurit TNI di tiap Subsektor yang menjadi garda terdepan Satgas Citarum secara konsisten melaksanakan Renaksi di tiap-tiap wilayah.

Adapun Renaksi harian yang dilakasnakan antara lain, Karya Bakti Sungai, Patroli sungai dan Sosialisasi melalui komsos kepada masyarakat khususnya warga di sekitar bantaran sungai. Selain itu ikut mengawasi dan membantu program dukungan Citarum Harum dari instansi pemerintahan guna percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum.

Seperti hal nya yang dilakukan jajaran anggota Subsektor 13 Cimahi selatan bagian dari Satgas Citarum Sektor 21 di wilayah Kota Cimahi, wilayah yang dilewati lima sungai bagian DAS Citarum diantaranya, Sungai Cimahi, Cibereum, Cibaligo, Kali malang dan Cisangkan.

Pada Jumat (03/09), anggota satgas Subsektor 13 bersama warga pelopor kebersihan Cimahi selatan menggelar karya bakti pembersihan sungai Cibaligo, di kampung Mancong, RT 04 RW 06, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi selatan.

"Selesai melaksanakan karya bakti sungai dilanjutkan melaksanakan patroli sungai di wilayah sub sektor -13 untuk memastikan tidak ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai serta tidak ada perusahaan yang membuang limbah kotor," jelas Serka Zaenal Satgas Subsektor 13 Cimahi selatan.

Sementara di hari yang sama, di wilayah Kabupaten Bandung tepatnya di Kecamatan Dayeuhkolot Subsektor 06 Citepus. Anggota Satgas bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan giat pembersihan sampah yang yang berada didalam aliran Sungai Citepus di kampung Bojongseureuh, RT 03 RW 07, Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot , Kabupaten Bandung.

"Dengan Hasil pengerjaan sepanjang kurang lebih 50 Meter. kami berhasil mengumpulkan dan mengangkat sampah rumahan sekitar 150 Kilogram. Terdiri dari sampah organik hampir 100 Kilogram dan sampah norganik mencapai 50 Kilogram. Sementara ini dimusnahkan dengan cara dibakar," terang Pelda Yahuza, Satgas Subsektor 06 Citepus.

Untuk kegiatan Sosialisasi program Citarum harum, lanjut Pelda Yahuza, Kami selalu menyampaikankepada masyarakat dan mengajak supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai.

"Juga mengajak masyarakat menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah kesungai, serta sosialisasi Protkes 5M untuk pencegahan penularan Covid 19," pungkasnya. (cuy)

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X