• Rabu, 8 Desember 2021

Dua Kali Kepergok Buang Limbah Kotor, Satgas Sektor 21 Akhirnya Tutup Lubang Pembuangan Limbah PT RAS Jaya

- Rabu, 8 September 2021 | 09:44 WIB
Satgas Citarum Sektor 21 cor lubang pembuangan limbah milik PT RAS Jaya, Kota Cimahi, Selasa (07/09/2021) (cuya/realitapublik)
Satgas Citarum Sektor 21 cor lubang pembuangan limbah milik PT RAS Jaya, Kota Cimahi, Selasa (07/09/2021) (cuya/realitapublik)

REALITA PUBLIK,- Satgas Citarum Sektor 21 lakukan penutupan atau pengecoran lubang saluran pembuangan limbah cair PT. RAS Jaya, yang berlokasi di Jalan Raya Leuwigajah, 101, Kota Cimahi.

Keputusan Satgas Citarum Sektor 21 menutup lubang saluran pembuangan limbah, karena perusahaan yang bergerak di bidang tekstil ini sudah dua kali kedapatan membuang limbah tak sesuai baku mutu serta tak mengindahkan surat peringatan keras yang pernah dilayangkan Satgas.

Sekitar dua bulan lalu, tepatnya pada Sabtu (03/07/2021) dini hari. Jajaran satgas Sektor 21 Subsektor 13 mendapati pabrik ini membuang limbah kotor ke sungai. Kontan saja pada saat itu, Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin memberikan peringatan keras dengan membuat surat pernyataan tak akan mengulangi perbuatan tersebut di kemudian hari.

Baca Juga: Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan Apresiasi Kinerja Satgas Citarum di Masa Pandemi Covid 19

Namun tak lama setelah berselang dua bulan dari surat peringatan dan pernyataan. Perusahaan ini diduga kembali berulah dengan peristiwa yang hampir sama. Hal ini diketahui saat jajaran Satgas Sektor 21 Subsektor 13 melaksanakan patroli malam (Selasa, 7/09/2021). Perusahaan ini kembali kedapatan membuang limbah tidak sesuai baku mutu yang telah ditetapkan.

Atas temuan tersebut, jajaran anggota Subsektor 13 melaporkan ke komando atas yakni Komandan Sektor 21. Berdasarkan hasil temuan terbaru dan dianggap telah mengingkari surat pernyataan yang sudah ditandatangani oleh pemilik perusahaan.

Baca Juga: Upaya Satgas Citarum Sektor 21 Kembalikan Kelestarian DAS Citarum di Wilayah Kota Cimahi dan Bandung

Akhirnya Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin secara tegas memutuskan untuk menutup lubang pembuangan limbah PT RAS Jaya, yang bersifat sementara sampai pihak perusahaan memperbaiki sistem pengolahan limbah nya. Jajaran anggota satgas Subsektor 13 langsung melakukan penutupan dengan menggunakan adukan semen dan pasir di outlet pembuangan limbah.

Dalam pelaksanaan penutupan lubang pembuangan limbah disaksikan juga oleh perwakilan perusahaan. Antara lain, Ibu Gigin selaku pemilik perusahaan. Wiwid selaku HRD dan Reza sebagai penanggung jawab IPAL. (cuy)

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X