• Rabu, 8 Desember 2021

Melalui Karya Bakti Sungai, Satgas Citarum Sektor 21 Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

- Sabtu, 11 September 2021 | 12:50 WIB
Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 menggelar karya bakti sungai ajak masyarakat peduli lingkungan (cuya/realitapublik)
Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 menggelar karya bakti sungai ajak masyarakat peduli lingkungan (cuya/realitapublik)

REALITA PUBLIK,- Satgas Citarum Sektor 21 seperti tak pernah berhenti dan lelah dalam mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga lingkungan, khususnya kelestarian DAS Citarum.

Satgas Sektor 21 dibawah komando Dansektor Kol Arm Nursamsudin mengemban tugas mengembalikan kelestarian dan ekosistem DAS Citarum, khususnya anak dan cucu sungai Citarum di wilayah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung serta sebagian Kabupaten Sumedang. Melalui kegiatan rutin karya bakti sungai, jajaran satgas citarum sektor 21 yang terbagi menjadi 18 subsektor terus berupaya meminimalisir tingkat pencemaran.

Selain itu, hal terpenting dari kegiatan karya bakti sungai merupakan salah satu upaya satgas dalam memberikan contoh nyata kepada masyarakat bantaran sungai untuk bagaimana warga ikut serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, khususnya sungai.

Baca Juga: Dua Kali Kepergok Buang Limbah Kotor, Satgas Sektor 21 Akhirnya Tutup Lubang Pembuangan Limbah PT RAS Jaya

karena dengan terjaganya kelestarian sungai bebas dari berbagai pencemaran, mencerminkan masyarakat yang sehat, bersih dan terhindar dari bencana alam, seperti banjir, erosi, dan menimbulkan penyakit akibat air sungai yang tercemar.

Dengan tekad mengembalikan kelestarian sungai agar tercipta masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat yang sehat dan lestari, jajaran satgas sektor 21 konsisten melaksanakan karya bakti sungai.

Seperti hal nya yang dilakukan jajaran satgas sektor 21 subsektor 14 Cimahi selatan. Terus berupaya menjaga aliran sungai Cimahi dari pencemaran sampah atau limbah rumah tangga.

Baca Juga: Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan Apresiasi Kinerja Satgas Citarum di Masa Pandemi Covid 19

"Hari ini kami melaksanakan kegiatan pembersihan sepanjang lebih kurang 70 meter di bantaran dan aliran Sungai Cimahi yang berlokasi di kampung Sirnagalih RT 04 RW 02 Kelurahan Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi," jelas Serma Frisky Agung Rusliyanto, satgas Subsektor 14, Jumat (10/09/2021).

Sementara di wilayah yang hampir sama, Satgas Sektor 21 Subsektor 13 Cimahi selatan wilayah yang memiliki sejumlah potensi pencemaran sungai. Terdapat lebih dari lima anak dan cucu sungai ada di wilayah yang juga terdapat kawasan industri penghasil limbah cair di buang ke sungai.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Terkini

X