• Selasa, 25 Januari 2022

Tanggulangi Limbah Kotoran Hewan Cemari DAS Citarum, Ini Cara Yang dilakukan Satgas Sektor 21

- Rabu, 1 Desember 2021 | 11:19 WIB
Sosialisasi Program Citarum Harum Sektor 21 terhadap peternak sapi di Pasirjambu (cuy)
Sosialisasi Program Citarum Harum Sektor 21 terhadap peternak sapi di Pasirjambu (cuy)

REALITA PUBLIK,- Upaya menanggulangi pencemaran limbah kotoran hewan ke sungai, Satgas Citarum Sektor 21 melakukan sosialiasasi mengajak para warga peternak sapi untuk berkomitmen menjaga kelestarian dan ekosistem DAS Citarum.

Menjaga kelestarian DAS Citarum dengan cara tidak lagi membuang limbah kotoran hewan ke aliran sungai. Bahkan, satgas juga mendorong kelompok peternak sapi untuk memanfaatkan limbah ternak nya didaur menjadi pupuk kompos. Dengan menggandeng berbagai pihak terkait.

Hal itu disampaikan Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin usai menggelar kegiatan Sosialisasi Terpusat Program Citarum Harum di desa Mekarmaju dan Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Pesan Dansektor 21 Untuk Warga, Rawat dan Jaga Baik Penggunaannya

Mayoritas penduduk di kedua desa tersebut memiliki mata pencarian sebagai peternak Sapi, untuk itu sosialisasi Satgas Citarum Sektor 21 kali ini fokus terhadap permasalahan dan penanggulan limbah kotoran hewan.

"Kegiatan sosialisasi program citarum harum kali ini sasarannya adalah para petani sapi atau peternak sapi di wilayah (kecamatan) Pasir Jambu," ujar Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin.

"Kenapa kita lakukan sosialisasi, karena masyarakat memiliki permasalahan tersendiri, khususnya para peternak, yaitu tentang mau dikemanakan kotoran sapi itu?," ungkapnya.

Baca Juga: Maknai Peringatan Hari Pahlawan, Satgas Citarum Sektor 21 Serentak Tanam Pohon di 3 Wilayah DAS Citarum

Karena alasan tersebut, Dansektor 21 menyebut masih banyak yang membuang kotoran hewan ternak sapi ke sungai secara langsung. "Ini kan tentunya akan mencemari kualitas air (sungai) dari hulu hingga ke hilir," kata Dansektor 21.

Dalam kesempatan sosialisasi ini, Satgas Citarum tidak hanya mengingatkan tapi juga berupaya mencarikan solusi bersama guna menjaga kelestarian DAS Citarum.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Terkini

X