Kolaborasi anggota TNI dan Warga, Tumpukan Sampah di Sungai Ciwidey dalam Sekejap Menghilang

- Senin, 10 Oktober 2022 | 13:54 WIB
Kolaborasi Satgas Citarum Sektor 21 Sub 12 bersama warga Kampung Caringin, Pasirjambu (Cuy)
Kolaborasi Satgas Citarum Sektor 21 Sub 12 bersama warga Kampung Caringin, Pasirjambu (Cuy)

REALITA PUBLIK,- Seandainya setiap warga di sekitar bantaran sungai melakukan kolaborasi dengan Satgas Citarum, potensi pencemaran sampah sungai akan jauh berkurang.

Selama ini, istilah TNI manunggal bersama rakyat telah menjadi salahsatu kekuatan bangsa Indonesia dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan. Tidak salah jika dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan, dibutuhkan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat.

Melalui karya bakti kolaborasi Satgas Citarum Sektor 21 dengan warga kecamatan Pasirjambu-Kabupaten Bandung, tepatnya warga kampung Caringin RW 06 Desa Mekarmaju menunjukan bahwa tak ada yang sulit jika dengan kesadaran bersama mampu membersihkan tumpukan sampah di aliran sungai.

Meskipun dengan alat manual dan sederhana, warga bersama satgas Citarum menyingsingkan lengan baju dan turun tangan bahu membahu membersihkan pencemaran sampah rumah tangga yang menumpuk di aliran sungai Ciwidey, Minggu (9/10/2022).

Baca Juga: Buruan SAE Membentuk Budaya Baru Pengelolaan Sampah

Sampah yang menumpuk karena tertahan bebatuan sungai diperkirakan mencapai lebih dari 100 Kilogram. Tumpukan sampah ini diketahui ada terhitung sudah 5 bulan. 

Dengan kolaborasi TNI (satgas citarum) dan Rakyat (warga kampung Caringin). Dalam waktu singkat sekitar satu jam kegiatan tumpukan sampah yang berkisar ratusan kilogram tersebut langsung bersih tak tersisa mencemari sungai.

Pembersihan ini bukan kali pertama dilakukan oleh warga dan satgas. Karena sekitar 5 bulan lalu kegiatan yang sama juga telah dilakukan.

Baca Juga: Tindklanjuti Temuan Satgas Sektor 21, DLH Bandung Siapkan Sanksi untuk Pabrik Roti di Cicalengka

Sampah yang berhasil dibersihkan, dikumpulkan di pinggir sungai setelah dikeringkan kemudian dibakar di tungku pembakaran.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X