• Senin, 28 November 2022

Mengembalikan Kelestarian DAS Citarum, Dansektor 21: Kolaborasi Semua Komponen untuk Perbaikan Lingkungan

- Rabu, 16 November 2022 | 22:56 WIB
Dansektor 21 Kol Inf T Bayu Wahyu Murwanto saat menyambangi perusahaan penghasil limbah cair (PGT Sindangwangi), Rabu (16/11/2022) (cuy)
Dansektor 21 Kol Inf T Bayu Wahyu Murwanto saat menyambangi perusahaan penghasil limbah cair (PGT Sindangwangi), Rabu (16/11/2022) (cuy)

REALITA PUBLIK,- Empat tahun perjalanan Program Citarum Harum menunjukan banyak perubahan ke arah yang lebih baik dalam merevitalisasi kelestarian DAS Citarum.

Sudah banyak upaya yang dilakukan Pemerintah, mulai dari tingkat pusat melalui kementerian terkait, instansi pemerintah daerah hingga unsur TNI.

Mulai dari pembangunan infrastruktur melalui pembuatan sejumlah Kolam retensi, floodway sungai hingga Terowongan pengendali banjir di Nanjung. Pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung seperti TPS 3R dan SPALDT.

Baca Juga: Ribuan Warga Terdampak Program Citarum Harum, Begini Respon Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung

Institusi TNI melalui Satgas Citarum yang terdiri dari prajurit Kodam III/Siliwangi dan sebagian Kodam Jaya, menjadi garda terdepan menjaga dan mengembalikan ekosistem sungai Citarum.

Momentum perjalanan tahun ke empat program revitalisasi DAS Citarum, Kol Inf T Bayu Wahyu Murwanto selaku Dansektor 21 Satgas Citarum Harum mengajak semua stakeholder untuk terus bersama-sama memiliki pemahaman yang sama terhadap perbaikan lingkungan, khususnya mengembalikan kelestarian DAS Citarum.

Hal itu disampaikannya saat menyambangi sejumlah pelaku industri di wilayah Subsektor 16 Cicalengka dan Subsektor 01 Rancaekek, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Kolaborasi Tiga Subsektor Satgas Citarum Sektor 21 bersama Warga, Karya Bakti di Sungai Citepus

Baginya, pelaku industri bukanlah obyek tapi harus memposisikan sebagai subyek yang ikut berperan dalam percepatan pengendalian pencemaran DAS Citarum.

Menggantikan Dansektor 21 sebelumnya Kol Arh Wahyu Jiantono. Meskipun baru genap sebulan bertugas, Kol Inf T Bayu Wahyu berjanji akan meningkatkan kolaborasi dengan semua komponen masyarakat. Mulai dari perangkat wilayah hingga para pelaku industri di wilayah DAS Citarum.

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X