• Senin, 28 November 2022

Kolaborasi Satgas Citarum BBWS dan Warga, Sejumlah Oxbow Sungai Cisangkuy Mulai Ditata Untuk Kepentingan Umum

- Sabtu, 19 November 2022 | 15:17 WIB
Satgas Citarum Sektor 21 Subs 7 kolaborasi jaga kebersihan Sungai Cisangkuy (cuy)
Satgas Citarum Sektor 21 Subs 7 kolaborasi jaga kebersihan Sungai Cisangkuy (cuy)

REALITA PUBLIK,- Kolaborasi yang solid antara Satgas Citarum, BBWS dan warga membuat sejumlah Oxbow di DAS Citarum mulai ditata dan akan digunakan sebagai fasilitas umum.

Selama ini aset lahan milik BBWS yang berada di Oxbow (aliran sungai mati) yang ada di DAS Cisangkuy digunakan pemanfaatannya oleh pribadi dan cenderung tidak terpelihara dengan baik.

Berkat komunikasi dan kerjasama yang terbangun antara Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 7, petugas BBWS dan tokoh warga serta perangkat wilayah. Dari 7 Oxbow yang ada di DAS Cisangkuy, 5 Oxbow mulai dilakukan pemeliharaan bersama.

Baca Juga: Mengembalikan Kelestarian DAS Citarum, Dansektor 21: Kolaborasi Semua Komponen untuk Perbaikan Lingkungan

Rencananya, di masing-masing Oxbow akan dimanfaatkan warga dengan membangun TPS sementara atau TPS 3R, Raung Terbuka Hijau hingga kolam pembibitan ikan dan penghijauan juga lumbung air untuk warga ketika kemarau.

Seperti Oxbow 1 dan 2 di kampung Sindangreret, RW 08 Desa Sukasari, Pameungpeuk. Dilakukan pemeliharaan untuk digunakan sebagai kolam pembibitan ikan dan penyerapan air serta TPS Sementara.

Untuk Oxbow 3, di kampung Bojongpulus RW 09 Sukasari. digunakan untuk kolam pembibitan ikan dan pengelolaan TPS dari sampah warga. Di Oxbow 4 yang berlokasi di kampung Palasari RW 04 dimanfaatkan untuk peternakan ikan dan rencananya akan dibangun TPS 3R.

Baca Juga: Ribuan Warga Terdampak Program Citarum Harum, Begini Respon Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung

Sementara, di Oxbow 5 yang berada di kampung Cibintinu RW 07 sedang dalam pelaksanaan penataan yang nantinya direncanakan oleh warga sebagai tempat ruang terbuka hijau, TPS 3R dan sarana olahraga masyarakat.

Dansubsektor 21-7 Cisangkuy Serka Suyatman dan Petugas BBWS Cisangkuy Kang Oceng saat melihat lokasi Oxbow di Cibintinu (cuy)

Halaman:

Editor: Cuya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X