• Rabu, 8 Desember 2021

Ini Alasan dan Tujuan Satgas Citarum Sektor 21 Rutin Menggelar Karya Bakti Sungai dan Sosialisasi PHBS

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 09:51 WIB
Pelda Yahuza Satgas Sektor 21-06 Citepus saat menyampaikan sosialisasi PHBS kepada warga di sungai Citepus (cuya/realitapublik)
Pelda Yahuza Satgas Sektor 21-06 Citepus saat menyampaikan sosialisasi PHBS kepada warga di sungai Citepus (cuya/realitapublik)

BANDUNG, realitapublik.com,--- Upaya mengembalikan kelestarian ekosistem sungai dan mengubah perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat yang tinggal di wilayah DAS Citarum. Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 masih konsisten gelar karya bakti sungai dan komsos kepada masyarakat bantaran sungai.

Seperti hal nya yang dilakukan jajaran anggota Satgas Sektor 21 di wilayah Subsektor 06 sungai Citepus. Bersama warga pelopor kebersihan, Satgas rutin setiap pagi terjun ke sungai melaksanakan karya bakti pembersihan sungai dari pencemaran limbah rumah tangga (sampah).

Selain untuk meminimalisir pencemaran sampah di sungai, karya bakti juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran warga sekitar bantaran sungai. Sadar pentingnya menjaga lingkungan, minimal tidak akan membuang sampah ke sungai.

Kehadiran satgas di tengah-tengah masyarakat diharapkan bisa menjadi tauladan bagi warga dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan khususnya ekosistem sungai.

"Karya bakti dilaksanakan setiap pagi hari bersama warga pelopor kebersihan. Setelah melakukan pembersihan sungai, kami lanjutkan dengan kegiatan komsos kepada warga bantaran," ujar Pelda Yahuza, Satgas Sektor 21-06.

Untuk hari ini, kata Pelda Yahuza, kegiatan karya bakti dilaksanakan di aliran sungai Citepus sepanjang 50 Meter wilayah kampung Bojongsuren, RT02, RW11, Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kab Bandung, Sabtu (28/08/2021).

anggota satgas Sektor 21-06 bersama warga pelopor kebersihan gelar karya bakti (cuya/realitapublik)


"Dari kegiatan hari ini kami berhasil mengumpulkan dan mengangkat sampah kurang lebih sekitar 85 Kilogram," terang Pelda Yahuza.

Seusai melaksanakan karya bakti sungai, lanjut Pelda Yahuza, kami sebagai prajurit garda terdepan terus melakukan sosialisasi masyarakat tentang pentingnya menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Beraih dan Sehat).

"Mengajak masyarakat supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai. Menjadi jaring informasi industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah ke sungai," jelas Pelda Yahuza. (cuy)

Editor: Cuya

Tags

Terkini

X